PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cipagalo 1 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung)

Kevya Lonna, 155060108 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cipagalo 1 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. ING.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian eksperimen dilaksanakan di kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol di SD Negeri Cipagalo 1 Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SD Negeri Cipagalo 1 Bandung yang kurang aktif dikarenakan guru sering menggunakan model konvensional, sedangkan dengan digunakanya model pembelajaran yang lain khususnya dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw belum pernah dilaksanakan sebelumnya pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen den gan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 hari. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) Merumuskan Masalah, 2) Merumuskan jawaban sementara (hipotesis), 3) Menguji jawaban alternative, 4) Menarik kesimpulan, 5) Menerapkan kesimpulan dan generalisasi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pretest dan posttest. Teknik pretest dilaksanakan sebelum adanya perlakuan dan teknik posttest dilaksanakan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw dapat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil nilai F hitung = 0,94 dengan tingkat signifikan sebesar 0,039 > 0,05. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan digunakanya model pembelajaran cooperative learning type jigsaw di SD Negeri Cipagalo 1 Bandung. Dengan demikian, model pembelajaran cooperative learning type jigsaw dapat digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Cooperative Learning Type Jigsaw, Aktivitas dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:50
Last Modified: 31 Oct 2019 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46490

Actions (login required)

View Item View Item