BAETY RIA NURSYEHA, 155060115 (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 032 Tilil Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover 1.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDDONESIA.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Penerapan Model Cooperative Learning Type Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Energi Alternatif” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 032 Tilil. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah karena siswa kurang antusias dalam setiap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perencaan dan pelaksanaan yang sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Selain itu, model cooperative learning type jigsaw juga dapat meningkatkan sikap disiplin, tanggung jawab, keterampilan mengomunikasikan pada setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh menunjukan pada sikap disiplin siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 72%, siklus III 83%. Hasil penilaian pada sikap tanggung jawab pada siklus I sebesar 56%, siklus II 78%, dan siklus III 83%. Selanjutnya penilaian lembar evaluasi siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 78, dan siklus III sebesar 87%. Sedangkan pada keterampilan mengomunikasikan, pada siklus I sebesar 53%, pada siklus II 73%, dan siklus III 81%.. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Energi Alternatif di Kelas IV SDN 032 Tilil. Kata kunci : Cooperative Learning Type Jigsaw, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46489 |
Actions (login required)
View Item |