Ai Cica Rosida, 155060132 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar SDN Neglasari Kecamatan Kotawaringin Kabupaten Bandung 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan ai cica.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6.ABSTRAK indo.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
abstark inggris.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 bnr.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
BAB III (Autosaved) bnr.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
||
Text
BAB IV JADIIIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep operasi hitung bilangan pecahan desimal, karena dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada pembealajaran operasi hitung pecahan desimal masih belum mencapai KKM. Sebagian besar anak kurang memahami materi karena mereka hanya mengingat apa yang di jelaskan oleh guru saja tanpa memahami konsepnya. Maka dari itu peneliti bertujuan unutk menumbuhkan siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran agar siswa tidak hanya mengingat dan menghafal saja melainkan siswa dapat memahami konsep operasi hitung bilangan pecahan desimal, karena dengan memahami dari isi materi yang di jelaskan maka siswa dapat memecahkan suatu masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi ekperimen. Studi eksperimen pada penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok peserta didik dalam dua kelas yaitu kelas ekpsrimen dengan menggunakan model discovery learning dan kelas kontrol tidk memakai model. Selanjutnya, pengukuran hasil belajar anatara kedua kelompok adalah sama yaitu dengan tes akhir (post-tes). Baerdasarkan analisis data hasil penelitian di lapangan maka dapat disimpulkan bawa dengan memakai model discovery learning dapat mempengaruhi siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung kelas VB dan kelas C. Dengan demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru untuk kegiatan pembelajaran. Kata kunci : model discovery learning, pemahaman konsep operasi hitung
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:46 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46487 |
Actions (login required)
View Item |