PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar SDN Neglasari Kecamatan Kotawaringin Kabupaten Bandung 2019/2020)

Ai Cica Rosida, 155060132 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar SDN Neglasari Kecamatan Kotawaringin Kabupaten Bandung 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan ai cica.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK indo.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstark inggris.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 bnr.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB III (Autosaved) bnr.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV JADIIIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep operasi hitung bilangan pecahan desimal, karena dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada pembealajaran operasi hitung pecahan desimal masih belum mencapai KKM. Sebagian besar anak kurang memahami materi karena mereka hanya mengingat apa yang di jelaskan oleh guru saja tanpa memahami konsepnya. Maka dari itu peneliti bertujuan unutk menumbuhkan siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran agar siswa tidak hanya mengingat dan menghafal saja melainkan siswa dapat memahami konsep operasi hitung bilangan pecahan desimal, karena dengan memahami dari isi materi yang di jelaskan maka siswa dapat memecahkan suatu masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi ekperimen. Studi eksperimen pada penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok peserta didik dalam dua kelas yaitu kelas ekpsrimen dengan menggunakan model discovery learning dan kelas kontrol tidk memakai model. Selanjutnya, pengukuran hasil belajar anatara kedua kelompok adalah sama yaitu dengan tes akhir (post-tes). Baerdasarkan analisis data hasil penelitian di lapangan maka dapat disimpulkan bawa dengan memakai model discovery learning dapat mempengaruhi siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung kelas VB dan kelas C. Dengan demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru untuk kegiatan pembelajaran. Kata kunci : model discovery learning, pemahaman konsep operasi hitung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:46
Last Modified: 30 Oct 2019 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46487

Actions (login required)

View Item View Item