PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar Swasta Kartika X-1 Kecamatan Batununggal Kota Bandung)

Sri Rahayu, 155060122 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA AYO CINTAI LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar Swasta Kartika X-1 Kecamatan Batununggal Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I .pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
bab IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDS Kartika X-1 Pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan” yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas hasil belajar siswa kelas IV SDS Kartika X-1. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi guru yang masih menggunakan model konvesional pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang melibatkan siswa, sehingga siswa hasil belajarnya kurang. Model yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa model Discovery Learning juga dapat meningkatkan sikap Santun, Disiplin, keterampilan komunikasi pada setiap siklusnya. Untuk peningkatan hasil belajar dari setia p siklusnya, siklus I sebesar 74%, siklus II sebesar 93,5%, siklus III 97,5%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 2,96, siklus II sebesar 3,73, Siklus III sebesar 3,89. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema Ayo Cintai Lingkungan. Kata kunci : Discovery Learning, Aktivitas dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:41
Last Modified: 30 Oct 2019 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46485

Actions (login required)

View Item View Item