PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR ABAD 21 ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Ciherang III )

Agri Murtiana, 155060135 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR ABAD 21 ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Ciherang III ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penggunaan Modep Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil belajar Abad 21” yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ciherang III. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang melibatkan siswa, sehingga siswa hasil belajarnya kurang. Model yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap peduli, tanggung jawab, keterampilan mencari informasi pada setiap siklusnya. Untuk peningkatan aktifitas dan hasil belajar dari setiap siklusnya, aktifitas siklus I sebesar 55%, siklus II sebesar 80%, siklus III 95%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 66, siklus II sebesar 75, Siklus III sebesar 78. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar abad 21. Kata kunci : Problem Based Learning, Aktifitas Dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:37
Last Modified: 25 Oct 2019 07:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46481

Actions (login required)

View Item View Item