PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN PRODUK CAT MENGGUNAKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KAPASITAS ALAT ANGKUT BERDASARKAN DIMENSI KUBIKASI

NENG RESI ANDRIYANI, 143010184 and Yogi Yogaswara, DS and Sutarman, DS (2019) PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN PRODUK CAT MENGGUNAKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KAPASITAS ALAT ANGKUT BERDASARKAN DIMENSI KUBIKASI. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Neng Resi Andriyani_143010184_Teknik Industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Permasalahan logistik yang mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan kegiatan operasional logistik adalah permasalahan transportasi. Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan salah satu permasalahan transportasi dengan karakteristik adanya keterbatasan kapasitas alat angkut. PT. Trikarsa Mitra Utama mengalami permasalahan transportasi dalam pendistribusian produk cat kepada 12 konsumen, dan memiliki keterbatasan alat angkut yang berjumlah 2 unit yang berbeda. Penyusunan rute transportasi sebelumnya dilakukan curah (massa), akan tetapi produk cat nyatanya didistribusikan dalam bentuk bukan curah maka dari itu dibuat suatu penyusunan rute transportasi dengan mempertimbangkan kapasitas alat angkut berdasarkan dimensi kubikasi yang diharapkan dapat memberikan rute yang lebih representatif untuk di terapkan. Permasalahan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) ini dapat diselesaikan dengan berbagai macam metode salah satunya adalah metode heuristik. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Saving Clarke and Wright yang merupakan salah satu bagian dari metode heuristik. Penggunaan software Cube IQ dilakukan untuk melakukan loading barang pada alat angkut berdasarkan dimensi kubiksi. Selain dapat mempengaruhi proses penyusunan rute transportasi, hasil dari loading process optimum juga akan digunakan sebagai rencana penyusunan produk dalam alat angkut. Rute yang terbentuk dari hasil perhitungan diklasifikasikan dalam 3 cluster. Cluster 1 dengan rute 0-H-K-D-I-L-0, cluster 2 dengan rute 0-G-F-J-E-C-0, cluster 3 dengan rute 0-A-B-0 memberikan total jarak tempuh sebanyak 288 km dan waktu tempuh sebanyak 695 menit. Dari hasil perhitungan, ke-3 rute menggunakan alat angkut yang sama yaitu CED standard dengan nilai occupancy rate kubikasi sebesar 69,06 % untuk cluster 1, 41,54% untuk cluster 2, dan 68,54% untuk cluster 3. Dengan jadwal pendistribusian mulai dari pukul 08:00-14:17 pada hari ke-1 untuk cluster 1, dan pukul 08:00-16:28 pada hari ke-2 untuk cluster 2 dan 3. Kata kunci: Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), metode Saving Clarke and Wright, dimensi kubikasi, loading process, software Cube IQ.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), metode Saving Clarke and Wright, dimensi kubikasi, loading process, software Cube IQ.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:56
Last Modified: 25 Oct 2019 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46451

Actions (login required)

View Item View Item