PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DOKUMEN PERPAJAKAN (Studi kasus : PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten, Tbk)

Yusuf Maulana Penayata, 12.304.0506 and Sali Alas Majapahit, DS and Shanti Herliani, DS (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DOKUMEN PERPAJAKAN (Studi kasus : PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten, Tbk). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Yusuf Maulana Penayata_123040506_Teknik Informatika.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan dengan tidak mendapat balas jasa secara langsung. Sistem pemungutan pajak merupakan sebuah mekanisme yang digunakan untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar wajib pajak ke negara. Di Indonesia, berlaku 3 jenis sistem pemungutan pajak diantaranya Self Assessment System, Official Assessment System, dan Withholding Assessment System. Dengan kata lain, wajib pajak merupakan pihak yang berperan aktif dalam menghitung, membayar, dan melaporkan besaran pajaknya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau melalui sistem administrasi yang sudah dibuat oleh pemerintah. Setiap data/dokumen dalam menghitung, membayar, dan melaporkan pajak perlu diadministrasikan oleh wajib pajak sebagai landasan atau dasar pada saat Pemeriksaan Pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dalam Tugas Akhir ini penulis melakukan perancangan sistem informasi dokumen perpajakan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk digunakan untuk mengumpulkan dokumen perpajakan berdasarkan setiap kejadian (event) dan sebagai bahan pertimbangan keputusan yang akan disampaikan kepada pihak eksternal maupun internal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah model pengelolaan dokumen yang dapat memberikan manfaat untuk mempersiapkan pada saat pemeriksaan atau audit. Kata kunci : Pajak, Dokumen, Pemeriksaan Pajak, Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Pajak, Dokumen, Pemeriksaan Pajak, Teknologi Informasi
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:44
Last Modified: 25 Oct 2019 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46440

Actions (login required)

View Item View Item