PEMBANGUNAN MEDIA AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK DINAS PENDIDIKAN BANDUNG DENGAN MEDIA SMART BOARD STUDI KASUS : BELAJAR MACAM-MACAM BANGUN DATAR

Ridho Muhammad Noer Farid, 143040102 and Ririn Dwi Agustin, DS and Erik, DS (2019) PEMBANGUNAN MEDIA AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK DINAS PENDIDIKAN BANDUNG DENGAN MEDIA SMART BOARD STUDI KASUS : BELAJAR MACAM-MACAM BANGUN DATAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ridho Muhammad Noer Farid_143040102_Teknik Informatika.pdf

Download (540kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Meninjau betapa pesatnya Teknologi informasi berkembang saat ini, pengenalan teknologi menjadi isu serius baru-baru ini. Banyak lembaga pemerintah yang berkolaborasi saling memberikan masukan mengenai pembiasaan dalam penggunaan teknologi. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai salah satu wadah yang tepat dalam mencoba berbagai macam teknologi. Selain itu dengan cara tersebut pula kita bisa mengenalkan teknologi sedini mungkin pada sumber daya manusia terutama generasi muda. Pemerintah pun cukup serius menanggapi isu ini, terbukti dengan berbagai macam terobosan di bidang teknologi seperti dimulainya pengenalan mata pelajaran komputer dari jenjang SD, pengadaan lab. komputer dan pelajaran wajib di jenjang SMP hingga pengadaan-pengadaan. Bahkan yang paling baru adalah penerapan sistem UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di jenjang pendidikan akhir. Semua teknologi tersebut diterapkan pada jenjang pendidikan wajib dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan kelak. Namun bagaimana dengan pendidikan anak usia dini? Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) menjadi alternatif para orang tua dalam mempersiapkan anak-anak mereka sebelum menjajal pendidikan formal. Sejatinya jika ingin mengenalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan masa depan, bukankah lebih baik jika dimulai sedini mungkin. PAUD bukanlah bagian dari pendidikan formal. Pengawasannya pun dibebaskan dibawah yayasan masing-masing pemilik PAUD tersebut. Sehingga pemerintah tidak terlalu menaruh "mata" pada PAUD, hal itu kemudian menyebabkan keterlambatan perkembangan pendidikan untuk PAUD terutama dalam perkembangan teknologi IT untuk penunjang pendidikan. Peka akan hal tersebut, Dinas pendidikan kota Bandung kemudian mengusulkan penerapan teknologi IT untuk PAUD. Dinas Pendidikan Kota Bandung memiliki proyek untuk menerapkan media ajar multimedia interaktif yang nantinya bisa digunakan untuk tingkat PAUD dengan tetap menyesuaikan rencana ajar dari pihak yayasan. Usulan dari Dinas Pendidikan adalah sebuah media ajar multimedia interaktif yang ramah serta menyenangkan untuk anak usia dini. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan ketertarikan pada anak terhadap teknologi serta untuk menyetarakan pengenalan pendidikan di seluruh jenjang bahkan untuk jenjang non-formal. Untuk menjawab proyek pemerintah tersebut, penulis membangun sebuah media ajar interaktif dengan judul "belajar macam-macam bangun datar". Bangun datar diambil sebagai tema utama dalam aplikasi sebagai bentuk kolaborasi dengan pihak PAUD. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan PAUD mampu mengenalkan teknologi sejak dini pada anak-anak dan menyetarakan perkembangan teknologi di segala jenjang pendidikan baik formal maupun non-formal. Kata Kunci: Media Ajar, Bangun Datar, PAUD, Teknologi, Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Oct 2019 03:20
Last Modified: 25 Oct 2019 03:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46393

Actions (login required)

View Item View Item