PERANCANGAN STANDARD OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEAMANAN DATA NILAI MAHASISWA BERDASARKAN ISO 27001:2009 (Studi Kasus di Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

ALI SAHID, 123040202 and ANGGORO ARI NURCAHYO, DS (2019) PERANCANGAN STANDARD OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEAMANAN DATA NILAI MAHASISWA BERDASARKAN ISO 27001:2009 (Studi Kasus di Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ali Sahid_123040202_Teknik Informatika.pdf

Download (556kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keamanan pengelolaan data nilai mahasiswa sangat penting juga dalam sebuah teknologi yang sangat canggih, server serta penyimpanan data harus menjadi perhatian utaman agar terhindar dari risiko kerugian di dalam suatu organisasi. Seperti halnya di Fakultas Teknik Universitas Pasundan sudah memanfaatkan teknologi informasi, dalam pemanfaatan teknologi informasi tersebut agar menunjang kontinuitas berjalannya pemrosesan informasi. Untuk menjaga keamanan terkait dengan pengelolaan data nilai mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Pasundan, pada penelitiaan dilakukan perumusan masalah terkait keamanan pengelolaan data nilai mahasiswa, kemudian dilakukan studi literatur dan pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Selanjutnya melakukan proses analisis terhadap semua data terkait dengan keamanan pengelolaan data nilai mahasiswa, dari hasil analisis tersebut menghasilkan solusi untuk mengatasi permasalahan keamanan terkait pengelolaan data nilai mahasiswa. Solusi tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai landasan untuk pembahasan Standar Operasional Prosedur Keamanan Data Nilai Mahasiswa. Standar Operasi Prosedur adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan kegiatan akademik, meningkatkan aktivitas pengendalian informasi keamanan , dan meminimalkan risiko keamanan informasi serta untuk menunjang proses bisnis. Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung telah mengimplementasikan layanan-layanan berbasis TI dan informasi merupakan core utama tetapi belum ada aturan tertulis ataupun tidak tertulis yang diperuntunkan untuk tindakan pencegahan dan penanganan keamanan pengelolaan data, sehingga bila terjadi manipulasi data, kehilangan ataupun terserang virus, divisi ataupun pihan pengelola yang bersangkutan tidak dapat menyalahkan siapapun. Hasil dari penelitian ini berupa Standar Operasional Prosedur untuk Keamanan Data Nilai Mahasiswa yang sesuai dengan apa yang diatur dalam ISO/IEC 27001/2009. Standar Operasional Prosedur tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan di Jurusan Teknik Informatika Universitas Pasundan. Kata kunci: keamanan, pengelolaan data nilai mahasiswa, standar operasional prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:38
Last Modified: 25 Oct 2019 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46385

Actions (login required)

View Item View Item