PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DENGAN PERKALIAN SUSUN DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas III SDN 119 Cijagra Kota Bandung)

PIPIT PATIMAH, 155060021 (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA DENGAN PERKALIAN SUSUN DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas III SDN 119 Cijagra Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman siswa di sekolah dasar dalam memahami operasi bilangan perkalian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang kemampuan pemahaman matematis siswa SD mengenai materi perkalian dengan menggunakan metode jarimatika dan perkalian susun. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas III A sebagai kelas kontrol dan III B sebagai kelas eksperimen di sekolah dasar 119 Cijagra di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Tidak terdapat Perbedaan antara penggunaan metode jarimatika dengan perkalian susun setelah di ujikan menggunakan Kemampuan pengujian hipotesis independent sample t test dengan hasil perolehan nilai signifikansi 0,502 > 0,05. 2) Kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik terdapat perbedaan antara yang menggunakan metode jarimatika dengan perkalian susun. Ini terlihat dari hasil pengujian menggunakan N-gain sebesar 0,00 < 0,005, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan penigkatan di kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata perolehan hasil pada kelas eksperimen sebesar 52% dengan kategori interprestasi sedang. Dapat dikatakan bahwa peningkatan yang menggunakan metode jarimatika dapat dikatakan lebih baik. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Pemahaman Matematis, Perkalian susun

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2019 09:43
Last Modified: 24 Oct 2019 09:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46380

Actions (login required)

View Item View Item