PENENTUAN RUTE DAN ALOKASI KENDARAAN DISTRIBUSI PAKAN KONSENTRAT MENGGUNAKAN METODE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (STUDI KASUS : KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA)

Wiggie Giovani Ayudha Nurdin, 143010070 and Tjutju Tarliah.D, DS and Dedeh Kurniasih, DS (2019) PENENTUAN RUTE DAN ALOKASI KENDARAAN DISTRIBUSI PAKAN KONSENTRAT MENGGUNAKAN METODE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (STUDI KASUS : KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
UPLOAD PERPUSTAKAAN BISMILLAH WISUDA COVER REVISIAN 143010070 Cover Abstrak Pengesahan(1).pdf

Download (594kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

KPSBU Lembang (Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara), adalah koperasi usaha di kecamatan Lembang yang merupakan suatu wadah bagi para petani peternak sapi perah, KPSBU berdiri sejak tahun 1971. Bisnis utama KPSBU adalah persusuan, perhatian lebih pada bagian ini untuk menghasilkan produksi susu yang berkualitas baik. Fokus penelitian ini pada distribusi pakan konsentrat. Pengiriman pakan tambahan untuk sapi yaitu dengan menyediakan makanan ternak, atau KPSBU menyebut ini dengan MaKo (Makanan Konsentrat). MaKo ini diproduksi oleh KPSBU berupa kemasan karung 50 kg. MaKo didistribusikan ke peternak dengan menggunakan armada mobil truk dengan kapasitas angkut 120 karung. Pendistribusian MaKo dilakukan ke setiap wilayah kelompok ternak yang terdiri dari beberapa peternak yang disebut dengan TPK (Tempat Pendistribusian Pakan Konsentrat). Kondisi saat ini dengan cara yang dilakukan KPSBU dengan total permintaan 1750 karung, membutuhkan 19 kali perjalanan untuk memenuhi kebutuhan MaKo wilayah Pojok. Pengiriman menggunakan 5 unit kendaraan kapasitas angkut 120 karung per kendaraan per rit. Tidak ada batasan waktu pengiriman dan pelayanan ataupun batasan lain yang harus dimasukkan ke formulasi model. Dengan demikian model penyelesaian masalah yang akan digunakan adalah model penentuan rute kendaraan dengan pembatas kapasitas CVRP (Capacitated Vehicle Routing Problem). Menggunakan VRP Solver. Pengaturan kendaraan menggunakan Linear Programing menggunakan LINDO. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan VPR Solver didapatkan hasil 16 rute perjalanan, sehingga dapat lebih efektif dalam pendistribusian ini. Dengan adanya penentuan rute ini mengurangi pemborosan rute maka perusahaan dapat melayani TPK hanya 16 rute perjalanan. Total Waktu Pelayanan yaitu 929,67 menit, sedangkan waktu kerja di KPSBU adalah 360 menit. Perhitungan LINDO. Sehingga dicukupkan 3 kendaraan saja dari 5 kendaraan yang tersedia untuk melayani semua rute ini. Kata Kunci : Capacitated Vehicle Routing Problem, Linear Programing, Rute, Distribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Capacitated Vehicle Routing Problem, Linear Programing, Rute, Distribusi.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:24
Last Modified: 24 Oct 2019 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46351

Actions (login required)

View Item View Item