PERLINDUNGAN HUKUM TENAGA KERJA INDONESIA DI JORDANIA BERDASARKAN KOVENAN HAM TENTANG HAK-HAK EKONOMI, SOSIAL DAN BUDAYA TAHUN 1966

Muhammad Oscar Orlando, 141000337 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TENAGA KERJA INDONESIA DI JORDANIA BERDASARKAN KOVENAN HAM TENTANG HAK-HAK EKONOMI, SOSIAL DAN BUDAYA TAHUN 1966. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
I. BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
J. BAB III HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
L .BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
K . BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
M. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A. Cover Skripsi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. BAB I .pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Tenaga Kerja Indonesia merupakan salah satu sektor yang sangat menjanjikan dalam segi ekonomi. Tenaga Kerja Indonesia juga merupakan sebagai penyumbang devisa Negara Indonesia terbesar dan telah diakui sebagai pahlawan devisa. Selain itu Tenaga Kerja Indonesia juga membuka lapangan pekerjaan yang sangat luas bagi ratusan ribu masyarakat Indonesia dengan penempatan ke seluruh dunia. Namun terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan Tenaga Kerja Indonesia ini khususnya di Jordania. Salah satunya adalah Perlindungan Hukum bagi Tenaga Kerja Indonesia di Jordania. Internasional Covenant on Economic, Social and Cultural Rights 1966 telah membuat aturan-aturan terhadap hak-hak yang seharusnya dinikmati oleh semua orang. Namun kenyataannya pelanggaran hak terhadap Tenaga Kerja Indonesia masih banyak terjadi. Spesifikasi yang penulis gunakan dalam penyusunan penulisan ini menggunakan metode deskriptif – analitis, yaitu dengan meneliti dan mengkaji data-data sekunder berupa bahan-bahan dari kepustakaan dan sumber-sumber Hukum Internasional untuk mengetahui dan memahami tentang peranan Internasional Covenant on Economic, Social and Cultural Rights 1966 dalam mengatasi dan mengatur tentang permasalahan tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Jordania. Metode pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis-normatif untuk mengadakan penelusuran terhadap peraturan dan literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang di teliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, Internasional Covenant on Economic, Social and Cultural Rights 1966 telah membentuk aturan-aturan untuk melindungi dan menyelesaikan permasalahan perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia, yang telah di ratifikasi melalui Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Pengesahan Internasional Covenant on Economic, Social and Cultural Rights 1966. Namun pada kenyataannya penerapan ratifikasi ini tidak dapat diterapkan maksimal karena maraknya permasalahan yang terjadi terhadap Tenaga Kerja Indonesia. Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan kurang maksimal nya penerapan aturan-aturan ini yaitu, kurang maksimalnya penerapan konvensi ini di Negara penempatan Tenaga Kerja Indonesia, kurangnya pendidikan dan kualitas terhadap calon Tenaga Kerja, kurangnya sosialisasi terhadap calon Tenaga Kerja. Dalam hal ini terdapat beberapa konsep solusi untuk memaksimalkan aturan pada kovenan maupun Undang-Undang tersebut, seperti meningkatkan pendidikan dan kualitas calon Tenaga Kerja, memberi sosialisasi hukum terhadap calon Tenaga Kerja. Kata Kunci : Kovenan Hak-Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya Tahun 1966, Tenaga Kerja Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:06
Last Modified: 24 Oct 2019 01:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46346

Actions (login required)

View Item View Item