KAJIAN PERBANDINGAN KONSENTRASI LARUTAN ELOD DENGAN KONSENTRASI KEJU EDAM DAN SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK KERUPUK ELOD

Annisa Febrianingsih, 12.302.0332 and Yusman Taufik, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2019) KAJIAN PERBANDINGAN KONSENTRASI LARUTAN ELOD DENGAN KONSENTRASI KEJU EDAM DAN SUHU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK KERUPUK ELOD. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
annisa febrianingsih_TPANGAN.pdf

Download (773kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Elod merupakan salah satu makanan khas Indonesia, elod dapat berupa aci ataupun kerupuk. Kerupuk elod dalam penelitian ini akan didiversifikasikan dengan keju edam untuk menambah nilai gizi pada kerupuk elod. Kerupuk elod terbutat dari larutan eod. Larutan elod merupakan hampas dari pembuatan tepumh tapioka. Pada pembuatan kerupuk elod akan dipengaruhi oleh suhu pengeringan yaitu pada suhu 60ºC, 70ºC dan 80ºC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi perbandingan larutan elod dan keju edam dengan suhu pengeringaan terhadap karateristik kerupuk elod. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan faktorial 3 x 3 sebanyak 3 (tiga) kali ulangan yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Variabel percobaan terdiri dari perbandingan larutan elod dan keju edam (A) yaitu a1 = larutan elod : keju edam (1 : 1), a2 = larutan elod : keju edam (1:2) dan a3 = larutan elod : keju edam (1:3). Variasi suhu pengeringan (B) yaitu b1 (60˚C), b2 (70˚C) dan b3 (80˚C). rancangan respon terdiri dari respon organoleptik ( warna, rasa dan kerenyahan ), respon kimia ( pengujian kadar air, kadar protein dan kadar pati ) dan respon fisik ( % kenaikan volume pengembangan dan uji kekerasan ). Hasil menunjukan variasi perbandingan larutan elod dan keju edam (A) dengan suhu pengeringan (B) berpengaruh pada kadar air dan interaksi antara perbandingan larutan elod dan keju edam (A) dengan suhu pengeringan (B) berengaruh terhadap warna,rasa, kerenyahan kadar proten , kadar pati, kadar air, dan % kenikan volume pengembangan dan uji kekerasan. Kata kunci : Elod, Keju edam, Kerupuk elod, Suhu pengeringan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:34
Last Modified: 27 Feb 2021 05:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46315

Actions (login required)

View Item View Item