MODEL PENERAPAN BANK SAMPAH BERKAH RW 03 DESA JELEGONG BERDASARKAN HASIL PENDEKATAN KAP (KNOWLEDGE, ATTITUDE, DAN PRACTICE)

Rikawati, 153050024 and Yonik M. Yustiani, ds and Lili Mulyatna, DS (2019) MODEL PENERAPAN BANK SAMPAH BERKAH RW 03 DESA JELEGONG BERDASARKAN HASIL PENDEKATAN KAP (KNOWLEDGE, ATTITUDE, DAN PRACTICE). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rikawati_153050024_Teknik Lingkungan.pdf

Download (387kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Desa Jelegong terletak di bantaran Sungai Citarum yang memiliki tingkat pencemaran tinggi yang diakibatkan oleh keberadaan sampah. Sampah dari Desa Jelegong memiliki potensi mencemari Sungai Citarum baik secara langsung maupun tidak langsung. Bank sampah merupakan salah satu strategi yang dapat membantu untuk mengatasi masalah sampah di RW 03 Desa Jelegong. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rekomendasi model bank sampah yang dapat diterapkan di RW 03 Desa Jelegong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner KAP kepada 80 responden dengan analisa data untuk menentukan kriteria penilaian. Dari total 80 responden, yang hadir pada saat simulasi/uji coba bank sampah hanya 25 responden (31,25%) dan 55 responden (68,75%) tidak menghadiri simulasi/uji coba bank sampah. Dilakukan dua kali penyebaran kuesioner sebelum dan setelah dilaksanakan simulasi/uji coba bank sampah. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh simulasi/uji coba bank sampah terhadap nilai KAP sebelum dan setelah dilaksanakan simulasi/uji coba bank sampah digunakan uji Paired sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian didapat kondisi bahwa terjadi peningkatan nilai KAP responden yang mengikuti simulasi bank sampah. Dari 25 responden terdapat 2 responden yang mengikuti simulasi/uji coba bank sampah mengalami kenaikan tingkat pengetahuan cukup ke tinggi, 3 responden dari sikap negatif ke positif, dan 6 responden dari berperilaku cukup ke perilaku baik. Hal ini membuktikan bahwa simulasi/uji coba bank sampah berpengaruh meningkatkan nilai KAP responden. Berdasarkan hasil analisis tersebut, beberapa rekomendasi diberikan untuk Bank Sampah Berkah RW 03 Desa Jelegong yang menitik beratkan pada penguatan model kelembagaan dan model pemasaran bank sampah untuk meningkatkan motivasi agar masyarakat berpartisipasi menjadi nasabah bank sampah. Kata Kunci : Bank Sampah, Desa Jelegong, Pengetahuan (knowledge), Perilaku (practice), Sikap (attitude).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:09
Last Modified: 23 Oct 2019 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46310

Actions (login required)

View Item View Item