PENERAPAN PERHITUNGAN ADAPTABILITAS TERHADAP BANK SAMPAH DI KAMPUS, BANK SAMPAH DI SEKOLAH DAN BANK SAMPAH DI MASYARAKAT (Studi kasus Bank Sampah Daun Kapas Unpas, Bank Sampah SMAN 6 Cimahi dan Bank Sampah Oh Darling Cibunut)

Mira Lestari, 153050064 and Yonik Meilawati Yustiani, Ds and Lili Mulyatna, DS (2019) PENERAPAN PERHITUNGAN ADAPTABILITAS TERHADAP BANK SAMPAH DI KAMPUS, BANK SAMPAH DI SEKOLAH DAN BANK SAMPAH DI MASYARAKAT (Studi kasus Bank Sampah Daun Kapas Unpas, Bank Sampah SMAN 6 Cimahi dan Bank Sampah Oh Darling Cibunut). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Mira Lestari_153050064_Teknik Lingkungan.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kapasitas dari TPA Sarimukti sudah penuh untuk menampung tingginya sampah yang dibuang. Kota Bandung dan Kota Cimahi yang membuang sampah ke TPA Sarimukti perlu melakukan pengelolaan sampah yang efektif dan efisien. Bank sampah menjadi salah satu pilihan untuk pengelolaan sampah yang ada di Kota Bandung dan Kota Cimahi. Bank sampah tidak hanya terdapat di wilayah permukiman tapi juga terdapat di fasilitas pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi, yang bertujuan untuk memberikan sarana edukasi, pengelolaan sampah dan peningkatan pendapatan. Keberlanjutan dalam sebuah bank sampah sangat penting diperhatikan untuk mengetahui manfaat dari bank sampah tersebut. Potensi tingkat keberlanjutan dapat ditentukan berdasarkan nilai adaptabilitas bank sampah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat adaptabilitas Bank Sampah Daun Kapas Unpas Setiabudi, Bank Sampah SMAN 6 Cimahi dan Bank Sampah Oh Darling Cibunut. Nilai adaptabilitas didapatkan dengan menghitung faktor niat berperilaku, perilaku sikap dan norma subjektif nasabah serta pengurus, faktor efisiensi dan faktor efektivitas. Nilai total akhir skor tingkat adaptabilitas bank sampah kampus, sekolah dan di masyarakat didapatkan tingkat adaptabilitasnya tinggi yang memiliki arti mampu beradaptasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bank Daun Kapas, Bank Sampah SMAN 6 Cimahi dan Bank Sampah Oh Darling memiliki tingkat adaptabilitas yang tinggi dan memiliki potensi tingkat keberlanjutan cukup tinggi. Kata Kunci : Adaptabilitas, Bank Sampah, Keberlanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Adaptabilitas, Bank Sampah, Keberlanjutan.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:06
Last Modified: 22 Oct 2019 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46282

Actions (login required)

View Item View Item