PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA WARGA KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUHAMMAD BADRUDDIN, 145030153 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA WARGA KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB 1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB 2.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
16 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti-Imajinasi dengan Memerhatikan Unsur Pembangun pada Peserta Didik Kelas X SMK Bina Warga Kota Bandung”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya di kelas X SMK Bina Warga?; 2) Seberapa besar kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun puisi pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga?; 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga sebelum dan sesudah guru menerapkan metode Sugesti-Imajinasi? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 24 siswa yang merupakan siswa kelas X AP 1 SMK Bina Warga. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun dengan menggunakan metode Sugesti-Imajinasi. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7; (2) siswa kelas X AP 1 SMK Bina Warga mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun dengan menggunakan metode Sugesti-Imajinasi. Hal ini dapat terbukti dari hasil tes awal dengan rata-rata 28,75 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 92,91. Perbedaan ini menunjukkan selisih 28,33 sehingga menghasilkan peningkatan dari tes awal dan tes akhir sebesar 66,66. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,01 dengan kategori nilai baik (B); (3) metode Sugesti-Imajinasi efektif digunakan dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel yakni 4,90>2,34 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 24. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran, menulis, teks puisi, unsur pembangun, metode sugesti-imajinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:33
Last Modified: 21 Oct 2019 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46228

Actions (login required)

View Item View Item