PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Reza Rizki Fauzi, NPM : 148060041 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA.docx

Download (33kB)

Abstract

Reza Rizki Fauzi, (2019).Penerapan Model Problem Base Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP. Matematika merupakan bagian terpenting bagi ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar matematika dapat mengembangkan cara berpikir logis, sistematis, cermat dan memiliki sifat yang hirarkis, dinamik, deduktif dan generatif. Pada setiap jenjang pendidikan, matematika adalah pelajaran yang selalu diberikan, sebab matematika ilmu dasar yang harus dimiliki peserta didik.Matematika ditinjau dari sudut pandang perkembangan pengetahuan, merupakan pondasi bagi semua ilmu pengetahuan.Untuk mencapai hal tersebut guru harus mempertimbangkan pembelajaran yang mendorong siswa untuk mencapai kemampuan tersebut, yaitu dengan menggunakan pembelajaran Problem Base Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah metode campuran Embedded. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Cipatujah dan sampel nya diambil 2 kelas secara acak.Instrument yang digunakan adalah tes dan non tes berupa angket kemandirian belajar, lembar wawancara, dan lembar observasi.Berdasarkan data penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa:(1) Kemampuan berfikir kreatif siswa yang memperoleh model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Kemandirianbelajarsiswa yang memperoleh model PBL lebih baik daripadakemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (4) Terdapat pengaruh positif kemandirian belajar terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. (5) Terdapat pengaruh positif kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Problem Base Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:20
Last Modified: 21 Oct 2019 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46206

Actions (login required)

View Item View Item