MAKNA OLIGARKI DALAM FILM SEXY KILLERS KARYA DANDHY DWI LAKSONO (Studi Kualitatif Menggunakan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Oligarki)

MUHAMMAD SYARIFUDDIN MURDIYANTO, 152050358 (2019) MAKNA OLIGARKI DALAM FILM SEXY KILLERS KARYA DANDHY DWI LAKSONO (Studi Kualitatif Menggunakan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Oligarki). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20191021001517.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Makna Oligarki Dalam Film Sexy Killers Karya Dandhy Dwi Laksono”. Film “Sexy Killers” merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang isu batu bara sebagai sumber energi listrik di Indonesia. Film adalah salah satu media komunikasi massa yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan. Maka dari itu, peneliti menggunakan film “Sexy Killers” sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan wujud makna denotasi dan konotasi tentang oligarki, serta menemukan mitos yang terdapat dalam film “Sexy Killers” karya Dandhy Dwi Laksono. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika dari Roland Barthes serta teori Konstruksi Realitas Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Dari total 105 (seratus lima) adegan dalam film “Sexy Killers”, terdapat 5 (lima) adegan yang mengandung makna denotasi dan konotasi mengenai oligarki. Masing-masing adegan memiliki makna oligarki yang terkandung dalam gambar maupun narasi yang disampaikan oleh narator. (2) Mitos yang muncul dari film “Sexy Killers” adalah orang-orang yang memiliki relasi dengan pemerintah atau kekuasaan akan mendapatkan kemudahan dalam hidupnya serta dapat menikmati kekayaan alam di Indonesia. (3) pesan moral yang terkandung dalam film “Sexy Killers” ialah mengingatkan para penontonnya sebagai masyarakat untuk peduli dengan kelestarian alam Indonesia dan lebih bijak dalam menggunakan listrik untuk keperluan hidup sehari-hari. Kata Kunci: Oligarki, Dokumenter, Semiotika, Konstruksi Realitas Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2019 05:08
Last Modified: 21 Oct 2019 05:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46197

Actions (login required)

View Item View Item