PERAN UNI EROPA MELALUI PROGRAM CEAS (Common European Asylum System) DALAM MENANGANI PENGUNGSI SURIAH (STUDI KASUS NEGARA JERMAN)

ARDIYANSYAH MAULANA PRIBADI, 152030248 (2019) PERAN UNI EROPA MELALUI PROGRAM CEAS (Common European Asylum System) DALAM MENANGANI PENGUNGSI SURIAH (STUDI KASUS NEGARA JERMAN). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Isu konflik Suriah saat ini telah menjadikan sebuah perbincangan dunia dikarenakan adanya aksi demonstran dengan penuntutan agar menurunkan rezim Presiden Bashar Al-Assad. Dari aksi demonstran yang dilakukan sejumlah masyarakat kian tidak kondusif. kemudian aksi demonstran menjadikan sebuah pemberontakan yang semakin terorganisir. Dampak dari konflik ini menyebabkan banyaknya warga Negara Suriah yang memutuskan utnuk mengungsi ke wilayah Uni Eropa terutama di Negara Jerman yang dari tahun ke tahun kian meningkatnya kuota Pengungsi. Tujuan dan Kegunaan penelitian yang penulis paparkan agar memahami bagaimana peran Uni Eropa dalam menangani Pengungsi Suriah, adapun untuk memahami apa saja kondisi dan tingkat ancaman pada perkembangan arus dari Pengungsi Suriah di Negara Jerman. Serta untuk mengetahui bagaimana implementasi dari Uni Eropa didalam melaksanakan program CEAS terhadap Pengungsi Suriah terutama di Negara Jerman. Sedangkan manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis penelitian ini diharapkan berguna untuk menambah wawasan pengembangan imu Hubungan internasional, khususnya dalam teori diplomasi serta kerjasama internasional dalam membentuk sebuah kebijakan bersama dalam suatu korganisasian internasional, agar bermanfaat bagi para penulis yang ingin mengkaji suatu hubungan kerjasama internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dan metode historis analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa dan kejadian yang ada kejadian yang ada pada masa sekarang dan masa lampau dengan cara mengumpulkan, menyusun, menginterpresentasikan data. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kepustakaan/literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Program dari Uni Eropa melalui CEAS dalam menangani Pengungsi Suriah terutama diNegara Jerman tahun 2014-2017 memberikan sebuah skema peraturan yang sudah ditetapkan melalui standar dan prosedur yang diberikan bagi para pencari suaka. Penerapan Program CEAS di terapkan agar dapat mencegah Imigran gelap yang mencoba memasuki wilayah Uni Eropa dengan memanfaatkan fenomena pengungsi yang terjadi dalam Skala Besar, serta mengatasi krisis pengungsi yang terjadi di Uni Eropa terutama diNegara Jerman yang terus menerus kian meningkat arus pengugnsi dari tahun ke tahun. CEAS telah mempunyai standar dan prosedur yang ditetapkan. Negara Jerman disini adalah sebagai fokus utama penelitian kemudian dari pada itu untuk mengatur permasalahan suaka maka dibentuklah sebuah sistem yang mengatur tentang prosedur suaka di jerman yang di kenal dengan Asylgesetz yang disesuaikan dengan aturan CEAS. Kemudian hasil dari Program CEAS yang diterapkan Uni Eropa untuk seluruh wilayah Uni Eropa dapat diImplementasikan dengan baik dan pengungsi Suriah di Uni Eropa terutama di Negara Jerman dapat teratasi ditandai dengan menurunya angka pencari Suaka. Kata Kunci: Uni Eropa, CEAS, Jerman, dan Pengungsi Suriah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 21 Oct 2019 05:01
Last Modified: 21 Oct 2019 05:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46193

Actions (login required)

View Item View Item