KAJIAN KARAKTERISTIK KERUPUK YANG DIPENGARUHI OLEH PERBANDINGAN TAPIOKA DAN TEPUNG BIJI NANGKA (Artocorpus heterophyllus L.) DENGAN PENAMBAHAN PUREE WORTEL (Daucus carota L.)

TRIESNAWATY DALIMUNTHE, 143020071 and Yusep Ikrawan, DS and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS (2019) KAJIAN KARAKTERISTIK KERUPUK YANG DIPENGARUHI OLEH PERBANDINGAN TAPIOKA DAN TEPUNG BIJI NANGKA (Artocorpus heterophyllus L.) DENGAN PENAMBAHAN PUREE WORTEL (Daucus carota L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Triesnawaty Dalimunthe_143020071_Teknologi Pangan.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbandingan tapioka dan tepung biji nangka dengan penambahan puree wortel terhadap karakteristik kerupuk. Manfaat dari penelitian ini sebagai bahan informasi pengolahan kerupuk dari tepung biji nangka, menambah nilai ekonomis kerupuk, mengurangi jumlah limbah biji nagka dan sebagai diversifikasi pangan. Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh 27 perlakuan. Faktor dari penelitian ini adalah perbandingan tapioka dan tepung biji nangka (B) dengan 3 taraf, yaitu 2:1 (b1), 3:1 (b2) dan 4:1 (b3) dengan penambahan puree wortel (S) dengan taraf 20% (s1), 25% (s2) dan 30% (s3). Respon kimia yang diuji meliputi analisis kadar air dan kadar protein. Respon fisik meliputi volume. Respon organoleptik yang diamati meliputi aroma, warna, rasa, dan kerenyahan. Sedangkan untuk produk terpilih dilakukan analisis kadar kalsium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pebandingan apioka dan tepung biji nangka berpengaruh terhadap karakteristik kerupuk (kadar air, protein, volume pengembangan, aroma, warna, rasa dan kerenyahan). Penambahan Puree wortel berpengaruh terhadap kadar air, volume pengembangan, warna, rasa dan kerenyahan, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap protein dan aroma. Interaksi antara perbandingan tapioka dan tepung biji nangka dengan penambahan puree wortel berpengaruh terhadap aroma, warna, rasa dan kerenyahan, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, protein dan volume pengembangan kerupuk. Kata kunci : Tapioka, Tepung Biji Nangka, Puree Wortel, Kerupuk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:07
Last Modified: 21 Oct 2019 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46185

Actions (login required)

View Item View Item