PENGUKURAN BEBAN KERJA PADA OPERATOR DEPARTEMEN ASSEMBLY DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTURE TBK)

HARI NUR HAKIM, 143010021 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2019) PENGUKURAN BEBAN KERJA PADA OPERATOR DEPARTEMEN ASSEMBLY DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUKTURE TBK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Hari Nur Hakim 143010021_ tekni indutri.pdf

Download (588kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Primarindo Asia Infrastrukture Tbk adalah perseroan yang bergerak dalam industri manufaktur khususnya industri alas kaki, meliputi produksi dan pemasaran sepatu jenis sport/casual ke pasar lokal dan internasional. Tingkat turnover yang tinggi pada karyawan dan juga target produksi yang selalu tidak tercapai. Oleh karena itu karyawan harus bekerja keras untuk mencapai target produksi tersebut, sehingga beban kerja yang diterima oleh operator bagian produksi cukup tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar beban kerja mental yang dialami oleh operator departemen assembly, untuk mengetahui faktor yang paling dominan terhadap beban kerja yang dialami, dan juga bagaimana mengatasi masalah beban kerja yang dihadapi oleh operator departemen assembly. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode NASA-TLX. Dari hasil pengolahan data terdapat 2 responden dalam klasifikasi beban kerja sangat tinggi, 14 responden dalam klasifikasi tinggi, 10 responden klasifikasi sedang, dan 4 responden berada pada klasifikasi rendah. Kemudian dari hasil rata-rata rating diketahui bahwa variabel temporal demand yang paling tinggi dan dari nilai rata-rata pembobotan bahwa faktor mental yang paling dominan. Untuk mengatasi masalah beban kerja yang dihadapi, salah satunya dilakukan pelatihan dan pemahaman tentang pentingnya konsep beban kerja. Untuk mengatasi temporal demand yang tinggi yang mengakibatkan kelelahan maka perlu adanya coffe break dan juga dilakukannya sistem pertukaran atau pergantian dengan departemen/ divisi lain agar tidak terjadi frustrasi dan kebosanan kerja. Kata Kunci : Beban Kerja, NASA-TLX, Operator Departemen Assembly

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:30
Last Modified: 21 Oct 2019 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46182

Actions (login required)

View Item View Item