EVALUASI DISAIN WILAYAH LAYANAN GUDANG ANTARA DAN OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : PT. XYZ KOTA BANDUNG)

DYAH AYU DWI PUSPITASARI, 153010171 and Muhammad.Nurman Helmi, ds (2019) EVALUASI DISAIN WILAYAH LAYANAN GUDANG ANTARA DAN OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : PT. XYZ KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dyah Ayu Dwi Puspitasari_153010171_Teknik Industri.pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT.XYZ merupakan jaringan paritel waralaba di Indonesia dan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 m2. PT. XYZ Kota Bandung Wilayah Tengah dan Barat yang mempunyai ritel dibawah naungannya yang berjumlah sebanyak 68 ritel yang salah satunya tersebar di Kota Bandung dengan 68 armada transportasi pemasok. Pada saat ini kegiatan pendistribusian barang dalam memasok ke setiap ritelnya perusahaan melakukan pola acak tidak memperhatikan lokasi dan jarak ritel yang dituju, selain itu pemanfaatan kapasitas alat angkut belum maksimal dalam memasok ritelnya, perusahaan menggunakan satu kendaraan dengan kapasitas 3 ton untuk setiap ritel yang menyebabkan biaya pengiriman menjadi besar karena tidak mempertimbangkan aspek pendistribusian selain itu dapat berdampak juga pada lingkungan penggunaan satu kendaraan satu pada setiap ritel. Permasalahan yang telah dipaparkan tersebut erat kaitannya dengan perutean kendaraan maka dari itu diperlukannya penelitian dengan pengelompokkan ritel dengan menggunakan metode algoritma sweep dan mendesain gudang antara menggunakan metode covering problem agar jarak tempuh pendistribusian ke setiap ritel menjadi pendek, selain itu setiap titik permintaan ritel terpenuhi dengan cepat, Lalu diperlukannya inisialisasi rute untuk mencari rute awal pendistribusian antara gudang pusat ke gudang antara dan gudang antara ke setiap ritel menggunakan pendekatan heuristik nearest neighbour. Setelah itu rute awal akan dioptimisasi agar menghasilkan solusi alternatif pada perutean atau rute terpendek menggunakan metode metaheuristik algoritma genetika. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil total jarak tempuh yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi eksisting yaitu 244.6 Km dengan menggunakan metode algoritma genetika dan efisiensi sebesar 74% dari kondisi eksisting. Hal ini berdampak pada total biaya distribusi perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp15,958,092.2 atau diperoleh penghematan sebesar 65%. Kata Kunci : Algoritma sweep, Covering Problem, Nearest Neighbour, Algoritma Genetika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:06
Last Modified: 21 Oct 2019 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46181

Actions (login required)

View Item View Item