PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KOMPOSIT DAN UKURAN PARTIKEL TEPUNG TERHADAP KARAKTERISTIK SPAGHETTI DENGAN PEWARNA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea)

LUSI LESMIAWATI, 143020204 and Hasnelly, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KOMPOSIT DAN UKURAN PARTIKEL TEPUNG TERHADAP KARAKTERISTIK SPAGHETTI DENGAN PEWARNA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
LUSI LESMIAWATI_143020204_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (693kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung komposit serta ukuran partikel tepung terhadap karakteristik spaghetti dengan pewarna bunga telang. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah penentuan formulasi yang tepat. Pada penelitian utama digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), faktor pertama yaitu perbandingan tepung talas bogor dan tepung porang (t) terdiri dari t1 (4:3), t2(5:2), dan t3 (6:1), sedangkan faktor kedua yaitu ukuran partikel terdiri dari p1 (80 mesh), p2 (100 mesh) dan p3 (120 mesh). Rancangan respon dalam penelitian ini adalah organoleptik terhadap warna, rasa dan tekstur,respon fisik meliputi cooking loss, respon kimia meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak,kadar serat, serta sampel terpilih dilakukan analisis kadar oksalat, kadar antosianin serta tekstur analyzer. Hasil penelitian pendahuluan formulasi terpilih adalah formulasi 1 yang terdiri dari Tepung talas : tepung umbi porang (4:3) 50%,telur 30%, air 18,2 %, garam 0,6%, bunga telang 1,2%. Hasil penelitian utama menunjukkan perbandingan tepung talas bogor dan tepung porang serta ukuran partikel berpengaruh terhadap respon kimia yaitu kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar serat, respon fisik yaitu cooking loss, serta respon organoleptik dengan atribut warna, rasa dan tekstur, tetapi tidak berpeng aruh terhadap kadar lemak. Kata kunci : Spaghetti, tepung talas bogor, tepung porang, ukuran partikel, oksalat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:56
Last Modified: 21 Oct 2019 02:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46177

Actions (login required)

View Item View Item