PENGARUH KONSENTRASI PATI JAGUNG DAN ISOLATE SOY PROTEIN TERHADAP KARAKTERISTIK KALDU BUBUK LIMBAH IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus)

Berta Wahyu Hartanto Sundawa, 143020029 and Sumartini, DS and Hasnelly, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI PATI JAGUNG DAN ISOLATE SOY PROTEIN TERHADAP KARAKTERISTIK KALDU BUBUK LIMBAH IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Berta Wahyu Hartanto Sundawa_143020029_Teknologi Pangan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi pati jagung dan isolate soy protein (ISP) terhadap kaldu bubuk limbah ikan patin terhadap karakteristik kaldu bubuk yang dihasilkan dengan menggunakan metode foam-mat drying sehingga akan diperoleh kaldu bubuk dengan kualitas fisik, kimia, serta organoleptik yang baik. Rancangan percobaan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3 x 3 dan ulangan sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah Konsentrasi Pati Jagung (P) terdiri dari p1 (1%), p2 (5%), dan p3 (9%). Faktor kedua adalah konsentrasi enzim ISP (S) terdiri dari s1 (3%), s2 (8%), dan s3 (13%). Respon pada penelitian ini adalah analisis kimia meliputi kadar air. Analisis fisik meliputi viskositas , serta analisis organoleptik berdasarkan uji hedonik terhadap atribut warna, aroma, dan rasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pati jagung berpengaruh terhadap warna, rasa, viskositas, kadar air dan tidak berpengaruh teradap aroma. Konsentrasi ISP berpengaruh terhadap rasa dan tidak berpengaruh teradap warna, aroma, viskositas, kadar air. Interaksi konsentrasi pati jagung dan ISP berpengaruh terhadap atribut aroma, rasa, warna dan tidak berpengaruh teradap viskositas dan kadar air. Kata kunci: Kaldu bubuk, Pati Jagung, ISP, Limbah Ikan Patin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Kaldu bubuk, Pati Jagung, ISP, Limbah Ikan Patin.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:09
Last Modified: 21 Oct 2019 02:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46173

Actions (login required)

View Item View Item