PEMETAAN AKTIVITAS INDUSTRI PENGOLAHAN KELAPA DARI HULU SAMPAI HILIR MENGGUNAKAN METODE IDEFØ (STUDI KASUS DI KOPERASI PRODUSEN MITRA KELAPA (KPMK) DESA CINTA KARYA PANGANDARAN)

ELINDA JULIAWATI, 153010071 and CHEVY HERLI SUMERLI, DS and Riza Fathoni Ishak, ds (2019) PEMETAAN AKTIVITAS INDUSTRI PENGOLAHAN KELAPA DARI HULU SAMPAI HILIR MENGGUNAKAN METODE IDEFØ (STUDI KASUS DI KOPERASI PRODUSEN MITRA KELAPA (KPMK) DESA CINTA KARYA PANGANDARAN). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Elinda Juliawati_153010071_Teknik Industri.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tanaman kelapa merupakan satu komoditas yang sangat menjanjikan, hal tersebut dikarenakan hampir seluruh wilayah di Indonesi terdapat tanaman kelapa khususnya Provensi Jawa Barat.Hampir diseluruh Provensi Jawa Barat terdapat tanaman kelapa salah satunya Pangandaran. Dengan luas 34.640 m dan jumlah produksi dalam 12.623 ton/tahun. Namun untuk pemanfaatan buah kelapa masihlah sangat kurang. Terbukti dari 91.595 petani yang ada di pangandaran baru 42 petani yang bergabung dengan Koperasi Produsen Mitra Kelapa (KPMK) KPMK merupakan salah satu koperasi yang memproduksi olahan kelapa di Pangandaran, untuk saat ini KPMK baru mampu memproduksi lima jenis produk turunan yaitu cocofiber, cocopeat, arang, tepung kelapa dan VCO hal tersebut dikarenakan masih kurangnya peralatan yang digunakan dan karyawan yang berkopeten dibidangnya khusunya pengolahan kelapa. KPMK pun bekerja sama dengan pengolahan nata de coco yang ada di pangandaran hal tersebut dikarenakan untuk saat ini kekurangan karyawan yang mengerti mengenai pengolahan air kelapa. Dua dari lima produk olahan yang di produksi di KPMK di khususkan untuk permintaan ekspor ke beberapa Negara Jepang, China, dan lainlain dengan kebutuhan 20 ton/bulan dan baru mampu memenuhi 15 ton/ bulan Untuk dapat menjabarkan aktivitas yang terjadi di KPMK maka dilakukan pemetaan dengan mengunakan metode IdefØ. Pemetaan menjelaskan keseluruhan aktivitas yang terjadi di KPMK dengan cara memvisualisasikan keseluruhan proses mulai dari siapa saja yang berperan di dalam aktivitas tersebut, dan standar yang di tetapkan dalam proses produksi di KPMK. Begitupun metode IdefØ merupakan metode yang menjabarkan seluruh aktivitas yang terjadi dengan mengunakan bagan-bagan yang dilengkapi dengan komponen-komponennya seperti input, output, control, dan mechanisme. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan pengurus pabrik Berdasarkan kondisi KPMK terdapat sepuluh aktivitas yang terjadi di KPMK yaitu penerimaan pesanan, perancangan produksi dan pengkutan bahan baku, persiapan dan pengiriman, pembuatan cocofiber, pembuatan cocopeat, pembuatan arang, pembuatan tepung kelapa, pembuatan VCO, pengiriman, penagihan dan pembayaran. Di harapkan dengan penelitian ini KPMK akan ada pikah-pikah yang membantu dalam pengembangan koperasi ini, dimana produk turunan kelapa sangatlah berpotensi untuk dikembangkan lebih besar lagi Kata Kunci: Kelapa, KPMK, Pemetaan, IdefØ.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Kelapa, KPMK, Pemetaan, IdefØ.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:02
Last Modified: 21 Oct 2019 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46170

Actions (login required)

View Item View Item