RELOKASI MULTI SPPBE DAN OPTIMASI RUTE KENDARAAN ANGKUTAN LPG 3 KG UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DI KOTA BANDUNG PADA PT. PERTAMINA (STUDI KASUS : WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG TIMUR)

RIKA ROSDIANA EFENDI, 153010069 and Nurman Helmi, ds and Yogi Yogaswara, DS (2019) RELOKASI MULTI SPPBE DAN OPTIMASI RUTE KENDARAAN ANGKUTAN LPG 3 KG UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DI KOTA BANDUNG PADA PT. PERTAMINA (STUDI KASUS : WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG TIMUR). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Rika Rosdiana Efendi_153010069_Teknik Industri.pdf

Download (617kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

SPPBE merupakan filling plant milik swasta yang melakukan pengangkutan elpiji dalam bentuk curah dari filling plant PT. Pertamina dan melakukan pengisian tabung-tabung elpiji untuk para agen PT.Pertamina yang menjual elpiji. Dari 22 SPPBE terdapat 6 SPBE/SPPBE yang lokasinya berkelompok di wilayah Bandung Timur, sedangkan jangkauan wilayah agen tersebar hingga ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Bandung. Seluruh SPBE/SPPBE tersebut dalam melakukan pendistribusinya satu kendaraan dapat mengangkut dan mengirim hanya sesuai dengan kapasitas kendaraannya. Karena jumlah demand yang berbeda-beda setiap SPBE/SPPBE tetapi keterbatasan kendaraan maka harus memperkirakan setiap kendaraan yang mengirim untuk beberapa agen. Hal tersebut perlu memperhatikan proses dari distribusi yang memperhatikan lokasi fasilitas layananan SPBE/SPPBE dan sebaran wilayah layanan dari setiap fasilitas tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan lokasi atau menempatkan sejumlah lokasi fasilitas pada wilayah pemasarannya menggunakan multi median heuristik, untuk menentukan rute untuk setiap wilayah layanan dengan menggunakan metode penedekatan clarke and wright saving yang akan dioptimisasi dengan menggunakan ant colony optimization agar memperoleh ongkos pendistribusian yang minimum. Berdasarkan hasil pengolahan data pada penelitian ini terdapat penurunan jarak jika dibandingkan kondisi saat ini dengan usulan awal yaitu sebesar 1.674,36Km. Sedangkan jika dibandingkan usulan awal dengan optimisasi penurunan jarak yaitu sebesar 22,49 Km. Selain itu penurunan biaya distribusi jika dibandingkan kondisi saat ini dengan usulan awal penurunan biaya yaitu sebesar Rp. 1.672.693,05. Sedangkan biaya distribusi jika dibandingkan usulan awal dengan optimisasi penerunan biaya yaitu sebesar Rp.43.389,32. Kata Kunci : Capacited Vehicle Routing Problem (CVRP), Algoritma Multi Median Heuristik, Clarke and Wright Saving, Ant Colony Optimization.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 19 Oct 2019 06:29
Last Modified: 19 Oct 2019 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46154

Actions (login required)

View Item View Item