PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN FILTRAT DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DENGAN MURBEI HITAM (Morus nigra L.) DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL

Ernita Riski Sugiarti, 143020289 and Asep Dedy Sutrisno, DS and Dede Zainal Arief, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN FILTRAT DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DENGAN MURBEI HITAM (Morus nigra L.) DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ernita Riski Sugiarti_143020289_Teknologi Pangan.pdf

Download (455kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan campuran filtrat daun sirsak dengan murbei hitam dan konsentrasi penstabil terhadap karakteristik minuman fungsional campuran daun sirsak dengan murbei hitam sehingga dapat diterima oleh konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan percobaan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor perbandingan campuran filtrat murbei hitam dengan daun sirsak (A) yang diuji terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (2:1), a2 (1:1), dan a3 (1:2) dan faktor konsentrasi penstabil (B) yang diuji terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (0,15%), b2 (0,3%) dan b3 (0,45%). Respon yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari respon organoleptik yaitu atribut warna, aroma, rasa, kekentalan, dan kenampakan. Respon kimia yaitu pH, TSS, vitamin C, dan aktivitas antioksidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan campuran filtrat daun sirsak dengan murbei hitam berpengaruh terhadap semua respon yaitu uji organoleptik (warna, aroma, rasa, kekentalan, kenampakan), pH, TSS, kadar vitamin C, dan aktivitas antioksidan. Semakin tinggi perbandingan murbei yang digunakan maka semakin tinggi pula penilaian uji organoleptik (atribut warna, aroma, kekentalan, kenampakan, kecuali rasa) dan analisis kimia (kadar vitamin C, aktivitas antioksidan, TSS, kecuali pH). Konsentrasi penstabil berpengaruh terhadap respon kekentalan, kenampakan, pH, TSS, vitamin C, dan aktivitas antioksidan. Namun tidak berpengaruh terhadap respon warna, rasa, dan aroma. Semakin tinggi konsentrasi pektin yang digunakan maka semakin tinggi pula penilaian uji organoleptik (atribut kekentalan dan kenampakan) dan analisis kimia (vitamin C, aktivitas antioksidan, TSS, kecuali pH). Interaksi antara perbandingan campuran filtrat daun sirsak dengan murbei hitam dan konsentrasi penstabil berpengaruh terhadap respon pH, vitamin C, dan aktivitas antioksidan. Namun tidak berpengaruh terhadap respon warna, aroma, rasa, kekentalan, kenampakan, TSS. Kata Kunci : minuman fungsional, murbei hitam, daun sirsak, penstabil.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Oct 2019 04:23
Last Modified: 19 Oct 2019 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46136

Actions (login required)

View Item View Item