PERAN ILO (INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION) DALAM MENANGANI EKSPLOITASI PEKERJA ANAK DI INDONESIA MELALUI PROYEK EAST (EDUCATION AND SKIL TRAINING)

Ode Mikaratul, 152030017 (2019) PERAN ILO (INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION) DALAM MENANGANI EKSPLOITASI PEKERJA ANAK DI INDONESIA MELALUI PROYEK EAST (EDUCATION AND SKIL TRAINING). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II.docx

Download (86kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN MYKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)

Abstract

Pekerja anak adalah salah satu masalah pelanggaran HAM yang dihadapi oleh komunitas internasional saat ini.Indonesia adalah negara yang masih harus menghadapi masalah pekerja anak.ILO sebagai organisasi internasional memulai program internasional untuk menghapuskan pekerja anak dan berpartisipasi dalam membantu upaya pemerintah dalam menanggulangi pekerja anak di Indonesia.Salah satu upaya ILO dilakukan melalui Proyek EAST. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ILO dalam eksistensi buruh dunia, serta mengetahui bagaimana kondisi pekerja anak di indonesia,dan menjelaskan bagaimana program ILO (International Labour Organization) dalam menangani eksploitasi pekerja anak (Child Labour) di Indonesia melalui proyek education and skill training (EAST). Sedangkan manfaat atau kegunaan secara teoritis dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam khazanah keilmuan, khususnya dalam disiplin Ilmu Hubungan Internasional mengenai peran ILO (International Labour Organization) dalam menangani eksploitasi pekerja anak di Indonesia melalui proyek EAST (Education And Skill Training). Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan, menganalisis, dan mengklarifikasi gejala-gejala mengenai beberapa fakta yang berhubungan dengan peran ILO (International Labour Organization) dalam menangani eksploitasi pekerja anak di Indonesia melalui proyek EAST (Education And Skill Training). International Labour Organization (ILO) selaku badanorganisasi di bawah naungan PBB yang khusus menangani masalah ketenagakerjaan di dunia, turut serta bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk menanggulangi masalah pekerja anak ini.ILO telahmelakukan berbagai upaya yang diantaranya adalah melalui proyek Education and Skills Training (EAST).Dengan adanya peran ILO melalui proyek EAST, maka permasalahan eksploitasi pekerja anak di Indonesia dapat diminimalisir yang ditandai dengan berkurangnya eksploitasi pekerja anak di Indonesia. Kata Kunci: ILO, Pekerja Anak, Indonesia, EAST

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 19 Oct 2019 07:13
Last Modified: 19 Oct 2019 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46117

Actions (login required)

View Item View Item