PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD DI PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE, TBK.

FITRIYA SRI WIDIANTI, 143010079 and Riza Fathoni Ishak, ds (2019) PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD DI PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTRUCTURE, TBK. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fitriya Sri Widianti_143010079_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk merupakan perseroan yang bergerak dibidang alas kaki pengukuran kerja perseroan cenderung menggunakan teknik konvensional menjadikan perusahaan kurang memperhatikan faktor lain. Perusahaan hanya memperhatikan karyawan dan manajemen dalam jangka pendek dan tidak memperhatikan pertumbuhan perusahaan untuk masa yang akan datang. Penerapan Human Resource Scorecard (HRSC) dirasa lebih tepat digunakan, yang mana metode pendekatan ini merupakan pengembangan dari Balanced Scorecard. Terdapat 4 elemen kunci yang menjadi dasar pengukuran kinerja dalam human resources scorecard, yaitu: kontribusi sumber daya manusia (human resources deliverable), Sistem kerja kinerja tinggi (high performance work system), penyelarasan sistem HPWS dengan strategi perusahaan (human resources system Alignment) dan efisiensi kontribusi SDM (human resources efficiency). HRSC yang telah dirumuskan akan diukur ukuran-ukuran keberhasilannya dalam bentuk Key Performance Indicator dari setiap penjabaran visi dan misi menjadi sebuah tujuan strategi. kemudian dilakukan pembobotan menggunakan kuesioner perbandingan dengan kaidah AHP. Hasil pembobotan tersebut lalu di olah menggunakan Software Microsoft Excel untuk uji konsistensi hasil pembobotan dan mendapatkan skor akhir bobot yang kemudian dinormalisasi untuk mendapatkan total KPI terbobot. Total KPI terbobot akan digunakan untuk perhitungan nilai kinerja dan nilai capaian kinerja menggunakan metode Objectives Matrix (OMAX) sehingga dapat dilakukan penentuan traffic light system untuk mengkategorikan KPI dengan capaian kinerja tinggi, cukup, maupun rendah. Dalam perancangan sistem manajemen kinerja dihasilkan 14 KPI bagi Perseroan menghasilkan nilai kinerja yaitu Perspektif high performance work system sebesar 17%, Perspektif human resources system Alignment 14%, Perspektif human resources efficiency 2%, dan Perspektif human resources deliverable sebesar 17%. Sehingga perspektif dengan nilai kinerja paling tinggi yaitu Perspektif high performance work dan Perspektif human resources deliverable. Selain itu didapatkan nilai kinerja keseluruhan Perseroan mencapai 50% dari nilai kinerja maksimal 100%. Kata Kunci: Human Resource Scorecard (HRSC), Key Performance Indicator (KPI), Analytical Hierarchy Process (AHP), Objectives Matrix (OMAX), Traffic Light System

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Oct 2019 02:02
Last Modified: 19 Oct 2019 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46115

Actions (login required)

View Item View Item