PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PADA PT PUTRI DAYA USAHATAMA DENGAN MODEL SCOR (SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE)

RIAN RAMDHANI, 153010176 and EDDY JUSUF SP, DS and Toto Ramadhan, DS (2019) PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PADA PT PUTRI DAYA USAHATAMA DENGAN MODEL SCOR (SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Rian Ramdhani_153010176_Teknik Industri.pdf

Download (471kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Putri Daya Usahatama adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa penjualan dan distribusi. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Indofood Group, sehingga peoduk-produk yang dipasarkan sebagian besar adalah produk Indofood. Mengingat perusahaan ini sangat bergantung pada perusahaanperusahaan lain yang menyuplainya dan penjualan, tentunya pengukuran rantai pasok menjadi penting untuk mengetahui kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja rantai pasok dengan menggunakan model SCOR (Supply Chain Operations Reference) dengan membagi kedalam lima atribut kinerja, yaitu atribut kinerja reliability, responsiveness, agility, cost dan asset management. Selain model SCOR digunakan juga metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk melihat tingkat kepentingan perusahaan berdasarkan pandangan perusahaan. Kemudian hasil pengukuran kinerja oleh model SCOR dan AHP di kombinasikan untuk melihat nilai kinerja secara keseluruhan dan atribut kinerja mana yang menjadi prioritas pada perusahaan. Nilai pengukuran kinerja reliability diperoleh 25,06%, responsiveness 12,73%, agility (upside flexibility) 8,13%, asset management 8,05%, cost 6,85%, dan agility (upside adaptability) 6,75%. Skor akhir kinerja rantai pasok adalah 67,75% yang menunjukkan kinerja rantai pasok berada pada katgori rata-rata dan atribut kinerja yang menjadi prioritas adalah atribut kinerja reliability. Kata Kunci : Pengukuran kinerja, atribut kinerja, model SCOR (Supply Chain Operations reference), Analytical Hierarchy Process (AHP)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Pengukuran kinerja, atribut kinerja, model SCOR (Supply Chain Operations reference), Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 19 Oct 2019 01:48
Last Modified: 19 Oct 2019 01:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46112

Actions (login required)

View Item View Item