PENGARUH PENGGUNAAN MODEL REALITY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

MASPUPAH, 155040082 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL REALITY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT Inggris.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK sunda.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguanan model Reality Based Learning sebagai model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada konsep Keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Ekperimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang berjumalah 35 siswa. pemilihan sampel dilakukan dengan Purpossive sampling. Hasil penelitian menjukan bahwa kelas kontrol mendapatkan rata-rata N-Gain 0,5 dengan kategori sedang, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata N-Gain 0,7 dengan kategori sedang. Pada uji kesamaan dua rata-rata pretest mendapatkan signifikansi 0,909 sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata pretest mendapatkan signifikansi 0,000. Dengan arti pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen sama secara signifikan sedangkan postest kelas kontrol dan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan model Reality Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci : Reality Based Learning, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 09:04
Last Modified: 18 Oct 2019 09:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46106

Actions (login required)

View Item View Item