HAFIDAH WAGIRANTI, 155040078 (2019) PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI WIKIPEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MENGUKUR KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI PADA MATERI BAKTERI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
18. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
Text
19. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengukur kemampuan keterampilan literasi informasi dan penguasaan konsep peserta didik melalui pembelajaran berorientasi wikipedia pada materi bakteri. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas X MIPA di SMA Pasundan 4 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan pretest dan posttest, angket, dan observasi. Dari data hasil pretest dan posttest didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 44,52 dan skor rata-rata posttest sebesar 83,70, serta hasil N-Gain didapatkan skor sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Kemudian dari hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,01 dengan kategori baik. Dari angket keterampilan literasi informasi memperoleh skor rata-rata sebesar 3,02 yang berarti kemampuan keterampilan peserta didik dalam kategori baik. Dan dari hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran memperoleh skor sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berorientasi wikipedia dapat mengukur keterampilan literasi informasi peserta didik serta meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi bakteri. Kata Kunci: Literasi Informasi, Wikipedia, Bakteri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 08:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 08:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46099 |
Actions (login required)
View Item |