PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA

AMALIA CAHYANA, NPM. 168060002 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
AMALIA CAHYANA_MPM copy.docx

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemahaman, komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi. Penilitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam peneliyian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA di Bandung dengan mengambil sampel dua kelas (kelas ekperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Diskursus Multi Representasi (DMR) dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang memiliki KAM unggul dan asor yang pembelajrannya menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunkan model pembelajaran langsung.(3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) dan Kemampuan Awal Matemetis (KAM) siswa (unggul dan asor) terhadap peningkatan kemampuan Pemahaman matematis siswa. (4) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Diskursus Multi Representasi (DMR) dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. (5) tidak Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang memiliki KAM unggul dan asor yang pembelajrannya menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunkan model pembelajaran langsung. (6) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) dan Kemampuan Awal Matemetis (KAM) siswa (unggul dan asor) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. (7) Terdapat berbedaan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Diskursus Multi Representasi (DMR) dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. (8) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang memiliki KAM unggul dan asor yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Diskursus Multi Representasi, Motivasi Belajar Siswa, Kemampuan, Kemampuan Komunikasi Matematis, , dan Pemahaman Matematis APPLICATION OF MULTIREPRESENTATION DISCOURSE LEARNING MODEL (DMR) AND ITS IMPACT ON INCREASING STUDENTS’ UNDERSTANDING SKILLS, MATHEMATIC COMMUNICATION ABILITIES AND LEARNING MOTIVATION Amalia Cahyana amaliacahyana@gmail.com

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:31
Last Modified: 18 Oct 2019 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46068

Actions (login required)

View Item View Item