OPTIMISASI RUTE PENGIRIMAN GAS LPG 3KG MENGGUNAKAN SIMULATED ANNEALING (STUDI KASUS : PT. PURNATARUM MURNI RAHAYU WILAYAH PEMASARAN BANDUNG RAYA)

Ragil Hidayat, 143010084 and Nurman Helmi, ds and Yogi Yogaswara, DS (2019) OPTIMISASI RUTE PENGIRIMAN GAS LPG 3KG MENGGUNAKAN SIMULATED ANNEALING (STUDI KASUS : PT. PURNATARUM MURNI RAHAYU WILAYAH PEMASARAN BANDUNG RAYA). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
Ragil Hidayat_143010084_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Purnatarum Murni Rahayu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Pengisian dan Pengangkutan Elpiji. Permasalahan yang dialami oleh perusahaan ini yaitu melayani 72 agen pada kegiatan distribusi gas LPG 3kg menggunakan satu kendaraan untuk setiap agennya dengan menggunakan truk berjenis colt diesel double berkapasitas 6 ton. Sehingga perusahaan perlu mengeluarkan biaya distribusi yang besar untuk melayani setiap agennya. Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan rute distribusi agar memperoleh biaya distribusi yang minimum. Pendekatan yang digunakan untuk menentukan kegiatan distribusi yaitu Vehicle Routing Problem with Backhaul (VRPB). Metode pertama yang digunakan yaitu K-Means Clustering untuk membentuk kelompok wilayah agen dan memenuhi demand setiap cluster, untuk membentuk rute awal distribusi yaitu menggunakan metode Insertion Heuristic, dan untuk mengoptimisasi rute yang telah terbentuk yaitu menggunakan Simulated Annealing.. Total biaya distribusi dari hasil optimisasi rute didapat sebesar Rp 3.495.677.31, sedangkan biaya distribusi perusahaan saat ini yaitu Rp 10.812.611.75. Sehingga didapat efisiensi dari optimisasi rute sebesar 68%. Kata Kunci : VRPB, K-Means Clustering, Insertion Heuristic, Simulated Annealing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: VRPB, K-Means Clustering, Insertion Heuristic, Simulated Annealing
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:36
Last Modified: 18 Oct 2019 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46047

Actions (login required)

View Item View Item