OPTIMISASI RUTE KENDARAAN ANGKUTAN LPG 3 KG UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI PADA PT. PURNATARUM MURNI RAHAYU WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : PT. PURNATARUM MURNI RAHAYU)

EDVAN ADHIFA APRIADI, 143010065 and Nurman Helmi, ds and Sutarman, DS (2019) OPTIMISASI RUTE KENDARAAN ANGKUTAN LPG 3 KG UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI PADA PT. PURNATARUM MURNI RAHAYU WILAYAH PEMASARAN KOTA BANDUNG (STUDI KASUS : PT. PURNATARUM MURNI RAHAYU). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
Edvan Adhifa Apriadi_143010065_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Purnatarum Murni Rahayu merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengisian dan pengangkutan gas LPG. Permasalahan yang ada di perusahaan ini yaitu pendistribusian gas LPG 3 kg ke 72 agen dengan menggunakan pola distribusi saat ini yaitu satu kendaraan untuk satu agen, sehingga menyebabkan jarak tempuh yang cukup besar dan biaya distribusi yang sangat tinggi. Dalam pendistribusiannya, jenis kendaraan yang digunakan yaitu colt diesel double dengan kapasitas 6 ton. Maka dari itu perlu dilakukannya evaluasi terhadap rute distribusi agar menghasilkan biaya distribusi yang minimum. Pendekatan yang digunakan dalam penentuan rute distribusi ini yaitu Vehicle Routing Problem with Backhaul (VRPWB) dengan menggunakan pendekatan dari metode cluster first-route second, yaitu fase pertama membuat cluster dari ke 72 agen dengan menggunakan K-Means Clustering dan fase kedua penentuan rute menggunakan pendekatan dari metode nearest neighbour yang memperhatikan adanya backhaul dan rute hasil dari metode nearest neighbour akan dievaluasi dengan metode algoritma genetika. Hasil dari KMeans clustering diperoleh 10 cluster dengan memperhatikan kapasitas kendaraan dan adanya alokasi demand dari tiap agen per-cluster. Kemudian dari hasil clustering dilakukan inisialisasi rute awal dengan menggunakan nearest neighbour dengan memperhatikan adanya backhaul. Hasil rute dari nearest neighbour akan digunakan sebagai inisialisasi awal pada metode algoritma genetika untuk menghasilkan solusi terbaik untuk rute distribusi. Hasil yang didapat dari metode algoritma genetika ternyata dapat mengurangi total jarak tempuh sehingga berdampak pada penurunan biaya distribusi. Total Biaya distribusi dari hasil algoritma genetika sebesar Rp 3.501.857,61, apabila dibandingkan dengan kondisi saat ini, maka besarnya perbedaan biaya distribusi sebesar Rp 7.310.754,14 atau biaya penghematan sebesar 67,61%. Kata Kunci : VRPB, Cluster first-route second, K-Means Clustering, Nearest Neighbor, Algoritma Genetika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: VRPB, Cluster first-route second, K-Means Clustering, Nearest Neighbor, Algoritma Genetika
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:22
Last Modified: 18 Oct 2019 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46042

Actions (login required)

View Item View Item