PENGARUH KONSENTRASI BAHAN PENSTABIL DAN KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK SORBET ARBEN (Rubus fraxinifolius Poir.)

Lendy Marta Fitra, 12.302.0078 and Dede Zainal Arief, DS and Hasnelly, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI BAHAN PENSTABIL DAN KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK SORBET ARBEN (Rubus fraxinifolius Poir.). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
Lendy Marta Fitra_12.302.0078_Teknologi Pangan.pdf

Download (0B)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sorbet adalah makanan penutup yang terbuat dari hancuran buah (puree) dengan campuran air dan sukrosa, memiliki wujud seperti es krim dan rasa manis yang menyegarkan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui penambahan konsentrasi bahan penstabil dan sukrosa serta interaksi keduanya. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan adalah menentukan bahan penstabil yang terpilih menggunakan uji organoleptik. Penelitian utama yaitu menentukan konsentrasi bahan penstabil karagenan dan sukrosa menggunakan metode RAK (Rancangan Acak Kelompok) Faktorial dengan dua faktor serta tiga kali ulangan. Respon yang dilakukan dalam penelitian pendahuluan yaitu respon organoleptik, sedangkan pada penelitian utama yaitu respon organoleptik, fisik, dan kimia. Bahan penstabil yang terpilih di penelitian pendahuluan yaitu karagenan. Hasil penelitian utama menunjukkan bahwa produk sorbet arben terpilih adalah perlakuan sampel k3s3 (konsentrasi karagenan 0,3% dan konsentrasi sukrosa 25%), karena dilihat dari uji organoleptik merupakan sampel yang paling disukai panelis dengan overrun 27,45%, waktu leleh `16 menit 16 detik, viskositas 12,86% dan kadar air 64,09%. Kata kunci: Arben, Karagenan, Sorbet, Sukrosa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Arben, Karagenan, Sorbet, Sukrosa
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:18
Last Modified: 18 Oct 2019 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46040

Actions (login required)

View Item View Item