ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PADA SURAT KABAR HARIAN KOMPAS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemberitaan Prabowo Menolak Hasil Perhitungan Suara dari KPU pada Pilpres 2019 Tanggal 15 Mei 2019)

Maesa Fitriani, 152050252 (2019) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PADA SURAT KABAR HARIAN KOMPAS (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemberitaan Prabowo Menolak Hasil Perhitungan Suara dari KPU pada Pilpres 2019 Tanggal 15 Mei 2019). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II.docx

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (0B)
[img] Text
Cover.docx

Download (0B)
[img] Text
BAB I.docx

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (0B)
[img] Text
Lembar Pengesahan sudah di TTD.docx

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini berjudul ANALISIS WACANA PEMBERITAAN PADA SURAT KABAR HARIAN KOMPAS: Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemberitaan Prabowo Menolak Hasil Perhitungan Suara dari KPU pada Pilpres 2019 Tanggal 15 Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana Pemberitaan Prabowo Menolak Hasil Perhitungan Suara dari KPU pada Pilpres 2019 tanggal 15 Mei 2019 yakni dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dimensi konteks sosial, serta kritis. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teori kritis untuk menjelaskan analisis wacana pemberitaan pada surat kabar Harian Kompas. Untuk membongkar makna-makna pada isi teks. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa pada dimensi teks menganalisis bahasa yang digunakan wartawan pada teks wacana berita tersebut. Pada dimensi kognisi sosial, melakukan pandangan wartawan terhadap produksi pemberitaan tersebut, dengan menggunakan skema peran dan skema peristiwa. Pada konteks sosial, melakukan pandangan masyarakat mengenai wacana yang sedang berkembang dimasyarakat, dan mengkrontuksinya sehingga terbentuknya sebuah wancana dimasyarakat. Dengan menggunakan praktik kekuasaan dan akses mempengaruhi wacana. Sehingga mampu menggiring opini masyarakat. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah Harian Kompas diharapkan selalu menjadi media cetak yang berkulitas, dalam memproduksi berita. Agar pembaca lebih berfikir kritis dalam peristiwa yang digambarkan oleh media. Supaya tidak terjadi ketengangan antar masyarakat. Kata kunci: Analisis Wacana, Berita Politik, Kritis, Kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:16
Last Modified: 18 Oct 2019 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46039

Actions (login required)

View Item View Item