BERITA HOAX POLITIK DALAM MEDIA SOSIAL MENURUT GENERASI Z DI KOTA BANDUNG

Gandhi Suangga, 152050303 (2019) BERITA HOAX POLITIK DALAM MEDIA SOSIAL MENURUT GENERASI Z DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini berjudul “BERITA HOAX POLITIK DALAM MEDIA SOSIAL MENURUT GENERASI Z DI KOTA BANDUNG”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi yang terbentuk dari generasi z di Kota Bandung akibat berita hoax politik di media sosial dan memahami persepsi yang terbentuk pada generasi z di Kota Bandung akibat berita hoax politik di media sosial lebih dalam lagi, bagaimana sensasi yang diciptakan berita hoax politik di media sosial pada generasi z di Kota Bandung, atensi yang diciptakan berita hoax politik di media sosial pada generasi z di Kota Bandung, serta bagaimana interpretasi yang terbentuk dari generasi z di Kota Bandung akibat berita hoax politik di media sosial. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah persepsi, dengan tipe penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi dan wawancara secara mendalam. Pemilihan informan dilakukan melalui proses pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa sensasi yang ditimbulkan dari berita hoax politik di media sosial ini adalah adanya konflik di dunia nyata yang ditimbulkan dari berita hoax politik di media sosial ini dan dirasakan langsung oleh para generasi z di Kota Bandung. Atensi yang diciptakan dari berita hoax politik di media sosial ini adalah ramai nya menjadi pembahasan serta memunculkan konflik yang terjadi di dunia nyata sehingga menjadi perhatian generasi z di Kota Bandung dan menimbulkan sikap yang lebih selektif dari generasi z di Kota Bandung dalam menerima informasi di media sosial. Interpretasi dari informan ketika mereka akhirnya dapat menyimpulkan suatu persepsi yang dapat mewakillkan secara keseluruhan karena banyaknya berita hoax politik yan beredar di media sosial serta menjadi perhatian bagi mereka pada perhelatan pilpres 2019. Dan interpretasi ini pun muncul akibat adanya persepsi yang terbentuk dan berlanjut menjadi sebuah pengambilan sikap politik mereka yang beramacam-macam pada pilpres 2019. Kata kunci : Persepsi, Berita Hoax Politik di Media Sosial, Generasi Z, Pilpres 2019

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:47
Last Modified: 17 Oct 2019 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46033

Actions (login required)

View Item View Item