Mayang Ira Mayashofa, 155040068 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SIWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Download (0B) |
|
Text
2.2 LEMBAR PENGESAHAN MAYANG IREA MAYASHOFA.pdf Download (0B) |
|
Text
7. ABSTRAK INDO MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Download (0B) |
|
Text
8. ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (0B) |
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Download (0B) |
|
Text
14. BAB I MAYANG IRA MAYASHOFA .pdf Download (0B) |
|
Text
15. BAB II MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Download (0B) |
|
Text
16. BAB III MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
17. BAB IV MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
18. BAB V MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA MAYANG IRA MAYASHOFA.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Model Pembelajaran kooperatif Tipe Stad terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Keanekaragaman Hayati” Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Kooperatif Tipe STAD. (2) Bagaimana respon siswa sebelum siswa mengikuti pembelajaran menggunakan metode kooperatif Tipe STAD (3) Bagaimana aktivitas siswa sebelum siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif Tipe STAD (4) Bagaimana dokumentasi pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menggunakan metode kooperatif Tipe STAD (4) Bagaimana aktivitas guru selama melaksanakan pembelajaran menggunakan metode kooperatif Tipe STAD (5) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Kooperatif Tipe STAD. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini kelas X IPS 4 dan kelas X IPS 3. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa test pilihan ganda. Analisis yang data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui IBM SPSS Statistics 20 yaitu dengan menggunakan Independent Sample t -Tes. Dapat dilihat bahwa nilai signifikan (2-Tiled) yaitu kelas eksperimen -31.964 dan kelas kontrol -20.139. Maka Hipotesis nol (Ho) diterima dan Hipotesis (Ha) ditolak. Sedangkan pada N-gain diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.88 (Ekperimen) dan 0.57 (Kontrol). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Keanekaragaman Hayati melalui pendekatan kontekstual lebih baik di banding siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar dapat mengakomodasi potensi kemampuan pemahaman siswa. Memilih model pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad terhadap Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 06:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46015 |
Actions (login required)
View Item |