IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SANITASI (Studi Pengelolaan Limbah Domestik di Kelurahan Gumuruh Kecamatan Batununggal Kota Bandung)

Raden Yudi Raksasamudra, NPM : 168010026 (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SANITASI (Studi Pengelolaan Limbah Domestik di Kelurahan Gumuruh Kecamatan Batununggal Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel R. Yudi Raksa Samudra.docx

Download (0B)

Abstract

Berdasarkan undang-undang no.32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, layanan air bersih dan sanitasi telah menjadi fungsi wajib pemerintah daerah, di mana pelaksanaan fungsi wajib dipandu oleh Standar Layanan Maksimum (SPM) yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk mendorong dan mempercepat pencapaian SPM, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 185 tahun 2014 tentang Percepatan Pasokan Air dan Sanitasi. Dalam hal ini, untuk mendukung kapasitas pemerintah daerah dalam menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang memenuhi SPM, diluncurkan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), yang menerapkan pendekatan pembangunan berkelanjutan berbasis masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang membuat keberhasilan implementasi kebijakan sanitasi di Desa Gumuruh, Kabupaten Batununggal tidak efektif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mereka yang terlibat dalam implementasi kebijakan sanitasi dalam studi kasus Pengelolaan Sampah Domestik di Kecamatan Gumuruh, Kabupaten Batununggal, yaitu Kantor Permukiman Infrastruktur Regional Jawa Barat, Kantor Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Kantor Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Area Perumahan dan Permukiman, Tanah Kota dan Taman Kota Bandung, Pejabat pemerintah dan masyarakat di Kelurahan Gumuruh, Kabupaten Batununggal, Fasilitator dan Kelompok Swadaya Masyarakat "Gublis" Hasil penelitian, secara umum implementasi kebijakan sanitasi di Kecamatan Gumuruh Kabupaten Batununggal dapat dikatakan baik sehingga masyarakat mendapat berbagai manfaat, terutama dalam mengakses layanan sanitasi. Namun, ada 2 faktor yang membuat keberhasilan implementasi kebijakan sanitasi di Kecamatan Gumuruh Batununggal tidak efektif, yaitu komitmen Pemerintah Daerah dan lokasi yang tidak tepat sasaran (bukan prioritas daerah rawan sanitasi). Kata kunci: Implementasi Kebijakan Sanitasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:34
Last Modified: 17 Oct 2019 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46001

Actions (login required)

View Item View Item