Dimas Ichyar L, 123040278 and Ririn Dwi Agustin, DS (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI PENGENALAN WAYANG SUNDA BERBASIS WEB UNTUK YAYASAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (YPDM) PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
123040278-dimas ichyar luthfiatna-teknik informatika.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif wayang berbasis web dengan pokok materi silsilah tokoh wayang mahabarata pada kegiatan ekstrakulikuler SMA Pasundan 3 Cimahi dan mengetahui tingkat kualitas media pembelajaran tersebut ditinjau dari sisi media pembelajaran dan sisi perangkat lunak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). proses pengembangan media pembelajaran interaktif ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain: 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap desain, 3) tahap implementasi dan 4) tahap pengujian. Pengujian dilakukan dengan tahap beta testing yang dilakukan dengan skala besar dan sepenuhnya dilakukan oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pasundan 3 Cimahi dengan melibatkan 41 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan Tanya jawab langsung terhadap murid SMA Pasundan 3 Cimahi, data diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu mengubah data hasil rata-rata perhitungan ke dalam interval skor penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif wayang berbasis web mempunyai tingkat kualitas sebesar 77,27% hasil penilaian ahli media dan 79,53% pada uji lapangan yang dilakukan siswa dengan kategori sangat layak. Selain itu tingkat kualitas functionality mempunyai kategori cukup baik dengan 94,67% fungsi yang dibutuhkan sudah berfungsi. Namun tingkat kualitas efficiency media pembelajaran berada pada kategori cukup rendah, yaitu dengan rata-rata 77% hasil penilaian YSlow dan 55% hasil penilaian Google Speed. Sedangkan dari sisi maintainability, kualitas media pembelajaran sudah baik. Hal ini ditinjau dari implementasi program yang menggunakan konsep MVC sehingga media lebih mudah dalam proses pemeliharaan dan pengembangan. Hasil pengujian pada beberapa browser, media pembelajaran dapat berjalan dengan baik tanpa ditemukan kesalahan, sehingga tingkat kualitas dari sisi portability sudah baik. kata kunci: media pembelajaran interaktif, R&D, silsilah tokoh wayang, web
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 08:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 08:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45963 |
Actions (login required)
View Item |