PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI EKSPOSITORI POLA OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/20 20

EVI TRESNA NURLATI PARIDOH, 155030055 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI EKSPOSITORI POLA OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/20 20. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran mind mapping adalah model yang menuntut kekreatifan, keefektifan serta kemampuan untuk membuat peta pikiran. Model mind mapping terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi. Adapun rumusan masalah yang diajukan oleh p enulis yaitu: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi menggunakan model mind mapping pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung?; (2) Apakah peserta didik kel as VII SMP Pasundan 3 Bandung mampu dalam menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi?; dan (3) Efektifkah penggunaan model mind mapping dalam pembelajaran menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi pada kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung?. Adapun hasil yang diperoleh penulis yaitu: (1)Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi menggunakan m odel mind mapping pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung; (2) Peserta didik kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung mampu menuliskan teks deskripsi ekspositori pola observasi; dan (3) Model pembelajaran mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui perhitungan derajat kebebasan diperoleh sebesar 0,003 dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan, t hitung ternyata lebih besar dibandingkan dengan t tabel yakni 22,59. > 0,003 ini menunjukan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi ekspositori pola observasi ada perbedaan yang signifikan pada hasil tes awal dan tes akhir. Nilai rata- rata yang diperoleh pada tes awal dan tes akhir peserta didik kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung adalah untuk tes awal sebesar 14,53 dan tes akhir 77,62. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Kata kunci: Menulis, Mind mapping, Pembelajaran, Teks deskri psi ekspositori pola observasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:43
Last Modified: 15 Oct 2019 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45947

Actions (login required)

View Item View Item