ANALISA EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE) DI DEPARTMENT MMW PT. SOUTH PACIFIC VISCOSE PURWAKARTA

Reksa Putra Munggaran, 133010238 and Dadang Hendriana, DS and Putry Mety Zalynda, DS (2019) ANALISA EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE) DI DEPARTMENT MMW PT. SOUTH PACIFIC VISCOSE PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Reksa Putra Munggaran_133010238_Teknik Industri.pdf

Download (959kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Salah satu faktor penunjang aktivitas produksi yang baik adalah performa mesin yang prima untuk memastikan line produksi dapat terus bekerja. Maintenance mesin harus dilaksanakan dengan cermat agar performa mesin terus terjaga dan tidak terjadi breakdown mesin yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan. PT.South pacific viscose mempunyai department MMW yang bertugas menjaga kondisi mesin dengan melakukan perbaikan pada mesin rusak agar kembali siap pakai. Pada proses perbaikan mesin ini perlu adanya kontrol agar proses perbaikan berjalan dengan efektif dalam kualitas pekerjaan dan efisien dalam waktu pengerjaan. Kondisi efektif dan efisien ini harus dimulai dari budaya kerja dan lingkungan yang baik di department MMW. Untuk itu department MMW melakukan upaya agar kondisi tersebut dapat dicapai, dengan cara menerapkan program 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke). Namun penerapan nya masih dirasa belum maksimal terutama dampaknya pada efisiensi waktu perbaikan mesin. Program 5S yang berjalan di Department MMW masih belum diketahui apakah sudah berjalan dengan baik atau belum, untuk itu perlu adanya suatu penelitian untuk menganalisis penerapan 5S di department MMW. Metode deskriptif kualitatif digunakan karena penelitian ini berusaha untuk menggambarkan suatu keadaan, fenomena atau kejadian yang terjadi di department MMW. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan dan daftar Checklist. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi lingkungan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan 5S di Department MMW berdasarkan pengumpulan data dari lembar pengamatan kondisi lingkungan kerja sudah terlihat bersih dan nyaman aman untuk karyawan. Sedangkan dari daftar checklist didapat persentase efektivitas penerapan 5S pada tingkat bagian (machining, overhauling, dan fabrication metal) rata-rata berada pada pada persentase diatas 70% kecuali pada tahap shitsuke yang memiliki persentase yang kecil. Untuk tingkat department efektivitas penerapan 5S memiliki persentase sebesar 79,81 %. Kata Kunci : Maintenane Mesin,, Efektifitas dan efisensi kerja, Program 5S, Lembar pengamatan dan daftar Checklist.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Oct 2019 04:19
Last Modified: 15 Oct 2019 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45933

Actions (login required)

View Item View Item