Usulan Strategi Perusahaan {Studi Kasus : PT. Tirai Pelangi Nusantara}

NANDA, 163010089 and Asep Saefulbachri Ramli, ds (2019) Usulan Strategi Perusahaan {Studi Kasus : PT. Tirai Pelangi Nusantara}. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
NANDA_163010089_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (783kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Tirai Pelangi Nusantara merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak pada industri garment yang berlokasi di Jl, Mahar Martanegara No 18 Leuwi Gajah Cimahi. Dalam persaingan industri garment yang cukup ketat saat ini PT Tirai Pelangi Nusantara harus bisa memanfaatkan peluang-peluang, mengantisipasi kelemahan-kelemahan serta memaksimalkan kekuatan-kekuatan yang ada pada perusahaan saat ini. Dalam penelitian ini rumusan masalah berfokus pada bagaimana PT. Tirai Pelangi Nusantara dapat menentukan srategi yang tepat bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan tersebut seperti menganalisa faktor internal dan eksternal pada perusahaan. Adapun metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode QSPM yang bersumber dari teori utama oleh Fred R. David, sebagai penentu strategi yang tepat bagi perusahaan dari beberapa rekomendasi strategi yang dipilih dengan menggunakan metode IFE, EFE, IE dan SPACE Matriks. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa strategi yang tepat pada PT. Tirai Pelangi Nusantara adalah Strategi Pengembangan Produk dengan nilai TAS 6.90 sedangkan strategi pengembangan pasar dan penetrasi pasar mendapatkan nilai TAS sebesar 6.70 dan 5.30. Hal ini dianggap cocok karena dengan melakukan pengembangan produk maka variasi produk bayi akan lebih beranekaragam baik dari segi bentuk, ukuran , warna, design maupun fungsi dari produk itu sendiri. Dalam aspek keuangan PT. Tirai Pelangi Nusantar diketahui laporan laba rugi dan neraca pada kondisi yang baik yang artinya perusahaan tersebut sehat secara keuangan. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah (1) mengembangkan teknologi baru yang lebih unggul dibandingkan dengan para kompetitor (2) melakukan kerjasama kepada para supplier atau distributor produk bayi sehingga dapat memperluas pangsa pasar (3) melakukan inovasi yang terus menerus agar produk yang dihasilkan lebih up to date yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Qspm, Garment

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Oct 2019 04:12
Last Modified: 15 Oct 2019 04:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45932

Actions (login required)

View Item View Item