ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL TERHADAP OPERATOR CRANE DAN RIGGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (STUDI KASUS : PT. SINAR SAMUDERA ABADI)

ARI KUSMAN, 123010135 and Riza Fathoni Ishak, ds (2019) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL TERHADAP OPERATOR CRANE DAN RIGGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (STUDI KASUS : PT. SINAR SAMUDERA ABADI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ari kusman_123010135_Teknik Industri.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Setiap instansi pekerjaan formal maupun informal mempunyai dampak positif maupun negative kepada manusia, disatu pihak akan memberikan keuntungan, tetapi di pihak lain dapat menimbulkan dampak negatif. Dari pekerjaan yang dilakukan akan memiliki beban kerja. Beban kerja dibagi menjadi dua yaitu beban kerja fisik dan beban kerja mental. Apabila tuntutan kerja tidak sesuai dengan kemampuan pekerja akan menyebabkan permasalahan terhadap pekerja. Beban kerja mental lebih sulit diketahui dibandingkan dengan beban kerja fisik karena berkaitan dengan psikologis karyawan dalam melakukan pekerjaan. Semakin tinggi beban kerja, maka karyawan akan cenderung lebih mudah melakukan kesalahan dalam bekerja dan mengakibatkan penyakit akibat bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui seberapa besar beban kerja yang dialami operator crane dan rigger. Dalam penelitian ini model pemecahan yang digunakan adalah metode NASA Task Load Index (NASA – TLX) dengan melakukan pengumpulan data menggunakan kuisioner kepada 30 karyawan PT. SinarSamudera Abadi khususnya operator crane dan rigger. Hasil analisa yang telah dilakukan dari 18 Operator Crane diperoleh rata-rata beban kerja mental sebesar 61,18% dengan rincian 8 orang pegawai operator crane pada kategori optimal load dan sisanya 10 orang pegawai operator crane pada kategori over load dengan beban kerja mental sebesar 60% dan beban kerja fisik sebesar 40%. Rigger diperoleh rata-rata beban kerja mental sebesar 59,84% dengan rincian 5 orang pegawai pada kategori optimal load dan 7 orang pegawai pada kategori over load dengan beban kerja mental sebesar 52% dan beban kerja fisik 48%. Kata Kunci : Beban Kerja, Operator Crane, Operator Rigger.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:06
Last Modified: 15 Oct 2019 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45924

Actions (login required)

View Item View Item