MUHAMAD AKBAR PAMUNGKAS, 155020076 (2019) PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
Abstract
Judul penelitian ini: "PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan dan Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)" dengan latar belakang yaitu Sebagai mahasiswa calon guru, yang menempuh pendidikan di FKIP UNPAS Bandung tentunya harus memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang mempengaruhi dalam kesiapan menjadi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program magang kependidikan terhadap kesiapan mahasiswa sebagai calon guru. Penelitian ini menggunakan cara pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, cara mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 83 mahasiswa FKIP UNPAS prodi pancasila dan Kewarganegaraan dan pendidikan matematika. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan ratarata (mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai program magang kependidikan sebesar 3,73 (49,70%) berada pada kategori “sangat setuju”, dan mengenai kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar 3,73 (55,66%) berada pada kategori “sangat setuju”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 3,404 + 0,293 X) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel program magang kependidikan maka akan meningkatkan kesiapan mengajar sebesar 0,293. Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel program magang kependidikan terhadap variabel kesiapan mahasiswa menjadi guru berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 43,3%, sedangkan sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel program magang kependidikan, serta kesimpulan dapat diterima. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan program magang kependidikan diharapkan mampu mengembangkan teknik mengajar dan mampu membuat pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan, hendaknya memberikan suatu informasi terbaru serta pengetahuan mengenai perangkat pembelajaran. Kata Kunci: Program Magang Kependidikan, Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 08:53 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 08:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45908 |
Actions (login required)
View Item |