KERJASAMA INDONESIA - ARAB SAUDI DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN JEMAAH HAJI INDONESIA DI ARAB SAUDI

RIFKI BAIHAQI MALIK, 152030216 (2019) KERJASAMA INDONESIA - ARAB SAUDI DALAM PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN JEMAAH HAJI INDONESIA DI ARAB SAUDI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Haji Merupakan salah satu rukun Islam yang ke-5 yang wajib dilaksanakan bagi yang mampu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia dan diselenggarakan satu tahun sekali pada musim haji yaitu pada setiap tanggal 1 Dzulhijjah yang bertempat di 2 kota suci umat Islam yaitu Mekah dan Madinah di Arab Saudi. Dalam konteks ini penyelenggaraan ibadah haji dilakukan oleh Arab Saudi sebagai negara tuan rumah dan negara-negara diluar Arab Saudi sebagai tamu (termasuk Indoesia), yang dimana tentunya ada bentuk kerjasama antara negara tuan rumah Arab Saudi dengan negara tamu (dalam konteks ini yaitu Indonesia) agar penyelenggaraan ibadah haji dapat berjalan dengan baik. Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Kerjasama Indonesia - Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji dan pengaruhnya terhadap peningkatkan pelayanan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. Dengan meganalisis: pertama, mengenai hubungan diplomasi Indonesia – Arab Saudi dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji, yang kedua, menganalisis program kerjasama Indonesia – Arab Saudi dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. Hipotesis utama dalam skripsi ini yaitu dengan adanya Kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi dalam Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi, maka permasalahan – permasalahan dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji seperti kuota haji, akomodasi, katering, kesehatan dan perlindungan jemaah haji dapat teratasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dimana metode tersebut adalah metode yang berusaha mengumpulkan, menyusun, menginterpretasikan data yang kemudian diajukan dengan menganalisa data tersebut atau fenomena tersebut serta suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi suatu sistem pemikiran atau suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data premier melalui studi kepustakaan yang diperoleh dari sumber-sumber literatur seperti buku, buku elektronik, jurnal ilmiah, skripsi/tesis/disertasi. Sedangkan untuk data sekunder data diperoleh dari surat kabar baik itu cetak maupun online serta laporan dari lembaga pemerintah dan non pemerintah di situs-situs resmi, dimana sumber tersebut memiliki korelasi dengan topik dan permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kerjasama Indonesia – Arab Saudi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi membuahkan hasil dengan adanya kesepakatan kerjasama dalam bidang kesehatan, berikut implementasi dari kesepakatan tersebut masih dilakukan oleh kedua negara secara bertahap hingga saat ini. Kata Kunci: Ibadah Haji, Kerjasama Indonesia – Arab Saudi, Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:17
Last Modified: 14 Oct 2019 08:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45903

Actions (login required)

View Item View Item