PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung)

SILVIA WINDI CAHYANI, 155010008 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (76kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (38kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (33kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (51kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
Bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
Bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak penggunaan metode pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar siswa SMA Pasundan 3 Bandung dengan populasi kelas XI dan sampel kelas XI MIPA-1 sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas XI MIPA-2 sebagai kelompok kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain eksperimen Nonequivalent Group Pretest Postest. Bentuk desain eksperimen Nonequivalent Group Pretest Postest ini dengan memberikan perlakukan yang berbeda terhadap kelompok kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament sedangkan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen test dengan banyaknya soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji Paired Sampel T-Test dengan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Kooperatif tipe teams games tournament, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:01
Last Modified: 14 Oct 2019 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45900

Actions (login required)

View Item View Item