ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 BOJONG PURWAKARTA

TATANG RIDWAN, NPM : 178020074 (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 BOJONG PURWAKARTA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tatang Ridwan.docx

Download (94kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian dalam meningkatkan meningkatkan mutu sekolah; 2) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi manajerial dalam meningkatkan mutu sekolah; 3) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kewirausahaan dalam meningkatkan mutu sekolah; 4) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi supervisi dalam meningkatkan mutu sekolah; 5) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi sosial dalam meningkatkan mutu sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan tenaga administrasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah; 2) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari kompetensi manajerial telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah; 3) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi kewirausahaan telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah; 4) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi supervisi telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah; 5) Implementasi kompetensi kepala sekolah ditinjau dari aspek kompetensi sosial telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah. Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan SMK Negeri 1 Bojong sebagian besar sudah memenuhi standar, mulai dari standar isi, standar proses, standar penilaian, standar lulusan, standar sarana prasarana, standar pengelolan, standar tenaga pendidik dan kependidikan, dan standar biaya. Dalam peningkatan mutu sekolah tersebut terkadang mengalami kendala. Kendala tersebut pada umunya karena kurangnya wawasan guru, belum idealnya rasio saanar prasarana, kurangnya disiplin siswa, kurangnya partisipasi masyarakat, dan aturan-aturan pemerintah yang sering berganti-ganti. Kepala sekolah telah melaksanakan atau mengimplementasikan berbagai program kegiatan sesuai kompetensinya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mulai yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, dan kompetensi sosial. Kata Kunci: Implementasi; Kompetensi Kepala Sekolah, Mutu Sekolah

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:06
Last Modified: 14 Oct 2019 06:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45887

Actions (login required)

View Item View Item