SELF HELP DALAM RELASI SOSIAL MASYARAKAT MULTI ETNIS (Studi Deskriptif pada Masyarakat Kampung Toleransi di RW 04 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung)

Nurul Azizah Zahra, 152020032 (2019) SELF HELP DALAM RELASI SOSIAL MASYARAKAT MULTI ETNIS (Studi Deskriptif pada Masyarakat Kampung Toleransi di RW 04 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Program Kampung Toleransi adalah program yang diresmikan pada tanggal 22 Mei 2017 di Kota Bandung yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Tujuan penelitian untuk menggambarkan self help dalam relasi sosial masyarakat Kampung Toleransi, faktor yang mempengaruhi self help dalam relasi sosial masyarakat Kampung Toleransi, Hambatan dalam melakukan self help dalam relasi sosial Masyarakat Kampung Toleransi, dan implikasi praktis pekerja sosial dalam self help dalam relasi sosial masyarakat Kampung Toleransi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan lokasi studi di Kampung Toleransi RW 04 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Informan peneliti adalah masyarakat Kampung Toleransi, dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan serta TKSK sebagai informan sekunder. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan penelurusan data sekunder, hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis koding dan kategori serta keabsahan data melalui triangluasi data, member checking, dan rich and thick description. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self help dalam relasi sosial masyarakat Kampung Toleransi sudah cukup baik. Pengaruh faktor internal dan eskternal dalam self help dalam relasi sosialyang meliputi pekerjaan, rasa percaya, interaksi sosial, munculnya program kampung toleransi, media sosial, ormas/lsm dan institusi. Terdapat hambatan yang masih dirasakan oleh beberapa masyarakat yaitu dalam keadaan lingkungan di Kampung Toleransi. Partisipasi dari karang taruna dan masyarakat masih diperlukan agar Kampung Toleransi menjadi lebih baik, serta sosialisasi dari pihak pemerintah juga dibutuhkan untuk lebih meningkatkan sikap toleransi di masyarakat yang lebih luas lagi. Kata Kunci: Kampung Toleransi, Self Help, Relasi Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2015
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:55
Last Modified: 14 Oct 2019 08:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45886

Actions (login required)

View Item View Item